13 Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

tips menjaga kesehatan tubuh
tips menjaga kesehatan tubuh
Saat sekarang ini kemampuan atau cara menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Hal tersebut dikarenakan banyaknya penyakit-penyakit yang muncul pada diri kita saat daya tahan tubuh kita melemah.


Berdasarkan hal tersebut diatas, ada beberpa cara yang bisa kita perbuat dalam upaya menangkal hal itu adalah dengan senantiasa memelihara kesehatan tubuh. Tidak hanya keluarga, sesuatu yang sangat penting yaitu kesehatan. Renungkan banyaknya jumlah anggaran yang mesti kita sediakan jika kita terkena penyakit. Butuh banyak baiya dan menyita waktu bukan? Untuk itulah, mengetahui cara menjaga kesehatan merupakan kewajiban  agar mencegah terkena bermacam-macam penyakit.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan pondasi untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi hinggga hari ini seluruh dunia sedang berjuang dari berbagai macam virus, bahkan para pakar kesehatan pun masih berusaha meneliti bagaimana mengendalikan virus ini. Apa yang mesti kita lakukan yaitu tetap menerapkan pola hidup sehat serta mengikuti protokol kesehatan. Berikut 10 tips cara menjaga kesehatan tubuh :


1. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi. 

mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi


Semenjak kecil kita telah mengenal dengan cara makan 4 sehat 5 sempurna. Untuk itu, pastikan tubuh kita senantiasa mendapatkan masukan gizi yang seimbang. Kita dapat mengkonsumsi karbohidrat dari nasi, kentang, oat, atau roti gandum untuk memberikan kamu energi dan daging, susu, telur, atau ikan untuk sumber protein, Dan juga selalu mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin, mineral, serat prebiotik, dan bermacam-macam antioksidan.

Memperbanyak Minum Air Putih. Minuman kopi dan Boba yang sedang trend memang senantiasa membuat kita menggoda. Namun, selalu kita harus mengkonsumsi air putih, dikarenakan dengan terpenuhinya kadar air di dalam tubuh kita, maka fungsi organ tubuh pun akan bekerja secara optimal. Sesuaikan pemenuhan kadar air dalam tubuh kita dengan intensitas kegiatan kita dan berat badan. Jika aktivitas kita tinggi, wajib untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak.

2. Rajin Olahraga Rutin

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi, kita juga memerlukan olahraga rutin supaya tubuh sehat dan bugar senantiasa aktif. Olahraga mampu menghambat bermcam-macam penyakit serta menurunkan tingkat stres. Usahakan meluangkan waktu 20-30 menit untuk berolahraga setiap harinya. Cukup olahraga yang ringan, misalnya jogging, berjalan kaki, bersepeda, senam atau sesuaikan macam olahraganya dengan apa yang kita suka.

3. Tidur dengan Baik dan Cukup

Kita tidak dibenarkan menyepelekan pola tidur, disebabkan tidur mepunyai manfaat yang sangat penting bagi tubuh kita. Tidur merupakan dasar dari daya tahan tubuh yang kuat, menjaga daya ingat, serta dapat menjadi pengatur nafsu makan. Untuk orang dewasa, kita memerlukan tidur sedikitnya 8 jam per hari. Jika kita pada tidur malam kurang dari 6 jam menyebabkan 4 kali lebih gampang terkena flu, daripada yang tidurnya cukup. Jadi, mulai saat ini usahakan tidur minimal 6 jam untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

4. Manajemen Stress

manajemen stress


Jika 4 tips di atas telah kita lakukan dengan rutin dan baik, tetapi kita terkadang masih juga pusing serta banyak pikiran? Harus diperhatikan, stress justru menjadikan gampang terkena penyakit. Stress telah terbukti bisa mempengaruhi sistem daya tahan tubuh. Saat stress dapat menyebabkan menurunkan produksi hormon kortisol yang mampu mencegah peradangan serta penyakit.

5. Menjaga Kebersihan

Menerapkan kebersihan diri sendiri serta lingkungan kita sering sekali menjadi cara menjaga kebersihan tubuh yang dilupakan. Awalilah dengan hal yang mudah seperti mandi dua kali sehari, membuang sampah pada tempatnya serta menjaga kebersihan lingkungan. Mudah, bukan?

6. Pertahankan berat badan ideal

Mempunyai berat badan sangat gemuk ataupun sangat kurus diketahui dapat menjadikan kita lebih mudah mengalami problem kesehatan. Untuk melihat apakah berat badan kita sudah susuai atau belum, kita dapat mengukur IMT secara rutin.

Karena, jika kita memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih dari 30 lebih rentan mengalami bermacam problem sistemik. 

7. Membiasakan untuk Mencuci Tangan

6 langkah cuci tangan
Sumber gambar : covid19.go.id
Yang tak kalah penting tips cara menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan membudayakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan membilas dengan air mengalir. Kita tidak mengetahui, berapa jumlah kuman dari barang-barang yang telah kita pegang serta memungkinkan masuk ke dalam tubuh.

Ini dapat menyebabkan, resiko terjangkit suatu penyakit dapat meningkat. Kita dianjurkan untuk mencuci tangan setelah bersin atau batuk, sebelum makan, serta sesudah buang air kecil ataupun besar. Cucilah tangan dengan baik dan benar serta menyeluruh selama minimal 20 detik.

8.Mengurangi atau menghindari makanan cepat saji

Prakstis enak dan cepat, tanpa disadari memang menjadikan banyak orang tergoda untuk memilih makanan cepat saji secara berlebihan. Padahal biasanya, makanan cepat saji banyak mengandung lemak jahat dan sedikit sekali mengandung protein dan serat. Jadi semestinya, konsumsi makanan cepat saji harus dihindari atau secukupnya saja ya!

9. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung

Negara kita adalah negara yang mendapatkan sinar matahari yang terpapar setiap tahun. Para pakar merekomendasikan kita untuk menggunakan tabir surya yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. 

Pergunakan pula baju lengan panjang ketika berkegiatan di ruangan terbuka.
Hal tersebut sangat penting karena terkena paparan langsung sinar matahari bisa mengakibatkan risiko penuaan dini lebih cepat dan bermacam gangguan kesehatan pada kulit seperti kanker kulit.

10. Mengkonsumsi multivitamin dan zat besi

Supaya tetap sehat dan bugar saat berkegiatan sehari-hari, Kita dapat meminum multivitamin serta  zat besi yang dapat menguatkan sistem imun tubuh. Ini disebabkan, zat besi berfungsi efektif untuk menambah kadar hemoglobin ke dalam organ, jaringan, maupun sel yang baik saat adanya proses penyembuhan luka tubuh.

Penting kita ketahui, hemoglobin merupakan protein yang terdapat di sel darah merah yang berperan untuk mengikat oksigen dari paru-paru untuk di bagikan ke seluruh jaringan tubuh. Suplai oksigen yang mencukupi akan menghambat degenerasi serta kerusakan sel yang disebabkan iskemia jaringan.

11. Jangan merokok dan minum alkohol

Tidak hanya dapat merusak organ paru-paru, merokok dapat menimbulkan berbagai permasalahan di bagian organ tubuh yang lain. Untuk alkohol pun demikian, jika diminum dengan berlebihan akan mengakibatkan kemungkinan besar kita dapat terjangkit infeksi virus atupun bakteri. Stop Rokok dan Alkoholđź’Ą

12. Membatasi mengkonsumsi gula

Terdapat banyak riset yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa menimbulkan bermacam risiko gangguan kesehatan. Misalnya adalah diabetes, obesitas yang tidak sehat, hypertensi atau tekanan darah tinggi serta kerusakan gigi. Tips menjaga kesehatan untuk hal ini bisa kita awali dengan mengatur dan membatasi konsumsi gula sehari-hari.

13. Ikut Serta Aktif bersosialisasi

Terlalu lama menyendiri atau mengisolasi diri dimungkinkan dapat menyebabkan timbulnya bermacam gangguan kesehatan. Bahkan berdasarkan suatu riset dari 
American Psychological Association mendapatkan bahwa isolasi sosial dapat meninggikan tingkat resiko stress. 
Dampaknya, daya tahan tubuh serta kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka secara mandiri akan menjadi turun atau berkurang.

Baca info kesehatan lainnya : info kesehatan
LihatTutupKomentar