PENYEBAB USUS BUNTU PECAH YANG HARUS DIKETAHUI

penyebab usus buntu pecah

anda harus mengetahui penyebab usus buntu pecah agar anda bisa segera mencegahnya. Berikut ini penjelasannya simak baik baik.

Usus buntu merupakan salah satu organ dalam tubuh yang menyerupai kantong kecil dan tipis, memiliki ukuran kira kira 5 – 10 cm. Letaknya terhubung dengan usus besar.
Organ usus tersebut sering mengalami penyakit yang di sebabkan adanya peradangan atau pembengkakan di usus buntu atau apindeks. Penyakit usus buntu sering menyerang pada anak yang berumur 10 dan orang dewasa yang berumur 30 tahun.

Ciri – Ciri Usus Buntu Pecah

  • Sakit perut yang tak tertahankan

Jika usus buntu pecah maka anda akan mengalami sakit perut yang semakin parah. Terlebih saat anda melakukan hal hal seperti berjalan, batuk atau melewati polisi tidur di dalam mobil maka seluruh dinding perut anda bisa meradang. Jika anda merasakan gejala seperti ini kemungkinan besar usus buntu anda hampir pecah atau mungkin juga sudah pecah.

  • Demam

Gejala ini sering terjadi ketika usus buntu pecah, demam terjadi karena respon kekebalan tubuh yang normal ketika melawan infeksi dan ketika sedang berusaha mengurangi jumlah bakteri yang menyerang tubuh. Gejalanya dapat berupa suhu tubuh yang mencapai lebih dari 38,3 derajat celcius, dan bisa meningkatkan denyut jantung pada pasien juga.

  • Mual, Muntah dan tidak nafsu makan

Radang usus buntu sering berdampak pada saluran pencernaan dan sistem saraf yang bisa menyebabkan mual dan muntah. Anda juga sering menjadi tidak nafsu makan ketika sistem pencernaan tidak beres.

  • Sering buang air kecil.

Letak usus buntu cukup dekat dengan kandung kemih, ketika kandung kemih bersinggungan dengan usus buntu yang meradang maka akan mengakibatkan anda lebih sering buang air kecil di sertai dengan rasa nyeri yang menyakitkan seluruh tubuh.

  • Linglung atau Gelisah

Jika anda sering gelisah dan sedang mengalami gejala usus buntu lainnya kemungkinan itu pertanda usus buntu anda sudah infeksi dan semakin memburuk. Hal ini terjadi karena bakteri yang menginfeksi usus buntu kemungkinan sudah masuk ke peredaran darah yang bisa menyebabkan sepsis atau keracunan darah. Sepsis ini terjadi kareana zat kimia yang berasal dari sistem imun tubuh yang masuk ke dalam pembuluh darah untuk melawan infeksi dan memicu respon peradangan pada tubuh. Jika infeksi semakin memburuk dan menghabiskan banyak oksigen maka menyebabkan otak tidak mampu dan tidak dapat berfungsi dengan normal.

Apa Penyebab Usus Buntu Pecah ?

Penyebab yang paling utama usus buntu pecah yaitu karena adanya penyumbatan pada arah masuk bagian usus buntu yang di sebabkan oleh :

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Dinding usus yang terkena infeksi akibat virus dan pembengkakan kelenjar getah bening akan mengakibatkan terjadinya inflamasi yang mampu memicu usus buntu menjadi pecah.

2. Tinja

Kotoran makanan yang letaknya memblokir jalan usus buntu akan menyebabkan usus mengalami peradang dan mengakibatkan usus buntu bisa pecah.

3. Tipisnya Dinding Usus Buntu

Semakin tipis dinding usus maka angin atau gas akan berhasil masuk ke dalam usus, namun tidak bisa di keluarkan sebagai kentut. Jika anda kebiasaan menahan kentut maka kentut tersebut akan kembali ke usus buntu lagi dan susah untuk dapat keluar.

4. Infeksi

Yang mampu menyebabkan usus buntu pecah yaitu gastrointestinal yang mampu berkembang dengan cepat sehingga menyebabkan peradangan. gastrointestinal juga menyebabkan terjadinya inflamasi dan peradangan yang penuh dengan nanah. Jika anda terus menerus membiarkan maka usus buntu lama kelamaan akan menjadi parah dan pecah.

Makanan Penyebab Usus Buntu

1. Pisang Muda

Jenis pisang muda bisa menyebabkan konstipasi dan memicu radang usus buntu. Pisang yang belum matang memiliki kandungan zat tepung yang sulit di cerna dan mengandung serat pectin yang menyerap air di dalam saluran pencernaan sehingga menyebabkan sembelit yang akan berefek usus buntu.

2. Gluten

Gluten merupakan protein yang ada dalam gandum, meskipun tidak berbahaya tetapi untuk orang yang memiliki alergi dan sensitif pada protein ini akan mengalami masalah pada pencernaannya. Kondisi tersebut di sebut juga dengan penyakit celiac. Orang yang menderita celiac tidak di perboleh memakan makanan yang mengandung gluten karena akan membahayakan dirinya sendiri.

3. Kesemek

Kesemek merupakan buah populer yang ada di asia, kesemek berpotensi menyebabkan radang usus yang tidak berbahaya. Namun anda harus berhati hati dengan kesemek yang masih asam karena buah tersebut bisa memperlambat pergerakan makanan pada usus dan menyebabkan sembelit. Jika sembelit berlangsung lama maka akan menyebabkan peradangan usus buntu dan lama kelamaan jika tidak diobati bisa pecah.

4. Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan zat besi dan lemak jahat yang membuat makanan tersebut lebih lama di cerna oleh usus. Hal itu menyebabkan sembeli pada awalnya dan jika dibiarkan tidak obati dengan baik maka akan meningkatkan resiko peradangan pada usus buntu.

5. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji sangat tidak baik untuk tubuh karena mengandung tinggi lemak dan sedikit serat. Lemak pada makanan cepat saji bisa memperlambat proses pencernaan dan jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan konstipasi yang berujung pada radang usus.

6. Suplemen Makanan

Suplemen memiliki kalsium dan zat besi yang di percaya bisa menyebabkan konstipasi dan jika dibiarkan bisa berbahaya untuk usus buntu.

7. Produk Olahan Susu

Jika mengkonsumsi susu dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan peningkatan gas dan sembelit. Hal itu akan membuat pencernaan kurang lancar dan terjadinya radang usus buntu.

8. Permen Karet

Mengkonsumsi beberapa buah permen karet dalam waktu yang sama bisa menyebabkan masalah pencernaan dan akan memperparah keadaan usus. Hal itu membahayakan usus dan menyebabkan peradangan.

9. Kafein

Kafein secara tidak langsung berpotensi menyebabkan radang usus buntu. Kafein membuat seseoran sering menjadi buang air besar dan memicu sembeli karena pembentukan fases yang keras.

10. Alkohol

Alkohol sama dengan kefein bisa memicu radang usus buntu. Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan memperlambat pencernaan serta mengiritasi usus. Alkohol juga memperburuk kondisi usus dan menyebabkan radang usus serta sembelit.

11. Makanan Pedas

Makanan pedas menyebabkan rasa panas pada pencernaan terutama pada usus. jika mengkonsumsi makanan pedas maka usus akan terasa perih dan akan memperparah infeksi pada usus buntu.

12. Goreng-Gorengan

Makanan yang di goreng mengandung banyak sekali minyak yang tidak baik untuk sistem pencernaan, dan memicu penyakit jantung serta memperparah penyakit usus buntu.

13. Minuman Bersoda

Minuman bersoda banyak mengandung gas yang akan mengganggu sistem pencernaan dan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan sistem pencernaan terganggu terutama usus buntu.

 

Cara Mencegah Dan Mengobati Usus Buntu Pecah

Sampai saat ini cara mencegah dan mengobati usus buntu pecah yang ampuh yaitu melalui operasi. Metode operasi terkadang memiliki banyak pertimbangan untuk sebagian orang karena biaya untuk operasi tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Penyakit usus buntu masih bisa di sembuhkan tanpa operasi, anda bisa menggunakan obat alami yang berasal dari tanaman tanaman herbal dan tidak mempunyai efek samping apapun untuk tubuh anda. Bahan alami tersebut sangat mudah di dapatkan dan mudah dijadikan ramuan tradisional khusus untuk obat usus buntu pecah.

Berikut ini tanaman tradisional yang bisa anda olah menjadi ramuan untuk mengobati usus buntu pecah.

  • Kunyit dan Jeruk Nipis

Cara membuat ramuan tradisional untuk obat usus buntu yaitu :

  1. Siapkan 2 ruas jari kunyit, 2 sendok makan perasan jeruk nipis, gula dan garam secukupnya.
  2. Cuci kunyit sampai bersih lalu parut
  3. Ambil air sarinya dengan menambahkan sedikit air matang
  4. Peras jeruk nipis hinggi ukuran 2 sendok makan
  5. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air kunyit
  6. Aduk sampai tercampur rata
  7. Minum selama 1 minggu 2 kali sehari setelah makan.
  • Daun Sambiloto

cara membuat ramuan daun sambiloto cukup mudah, diantaranya sebagai berikut :

  1. Siapkan satu genggam daun sambiloto, lalu cuci sampai bersih.
  2. kemudian rebus daun sambiloto dengan empat gelas air dan biarkan  sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas air.
  3. lalu saring dan minumlah secara rutin sehari 3 kali sehari sebanyak ½ gelas sampai keadaan membaik.
  • Daun Sirsak

Cara membuat ramuan tradisional untuk usus buntu pecah

  1. Siapkan daun sirsak 10-15 lembar
  2. Siapkan air 600 ml atau setara dengan 3 gelas
  3. Rebus 10-15 daun sirsak menggunakan air 600 ml dan gunakan api kecil sampai air mendidih dan tersisa satu gelas
  4. Setelah dingin saring air rebusan daun sirsak
  5. Minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas secara rutin.
  • Daun Kemangi

Cara mengolahnya yaitu :

  1. Siapkan daun kemangi segar sebanyak 1 genggam
  2. Cuci sampai bersih
  3. Kemudian blender sampai halus
  4. Tambahkan air panas
  5. Anda bisa menambahkan 1 sendok madu agar terasa manis
  6. Aduk sampai merata
  7. Minum sehari sebanyak 1 gelas secara rutin.
  • Temulawak

Cara membuat ramuan temulawak
Bahan-Bahan

  1. 30 gram daun temulawak
  2. 20 gram kunyit
  3. 400 ml air
  4. 1 sendok makan madu

Cara membuatnya

  1. Rebus daun temulawak dan kunyit kedalam air.
  2. Tunggu sampai mendidih dan tersisa hanya setengahnya
  3. Saring rebusan air tersebut
  4. Tambahkan madu
  5. Diamkan beberapa saat sampai dingin
  6. Minum 3 kali sehari secara rutin
  • Buah Mengkudu

Cara membuat ramuan buah mengkudu

Bahan-bahan :

  1. 1 buah mengkudu matang
  2. Sedikit air putih
  3. Madu secukupnya sebagai pemanis

Cara mengolah mengkudu :

  1. Cuci bersih buah mengkudu, potong-potong masukkan ke dalam blender.
  2. Tambahkan sedikit air putih.
  3. Blender hingga halus dan tercampur rata.
  4. Saring jus mengkudu dan sajikan dengan madu jika perlu.
  5. Minum setiap pagi sebelum sarapan secara rutin agar khasiatnya cepat terasa

Ketika anda mengalami gejala awal usus buntu segeralah berkonsultasi ke dokter, agar gejala tersebut mendapat penanganan sesegera mungkin. Setidaknya anda dapat menghindari resiko usus pecah tersebut. Mulai dari sekarang perhatikanlah asupan makan anda dan jauhi makanan yang menyebabkan usus buntu pecah. Tetap jaga kesehatan anda agar sistem kekebalan tubuh menjadi kuat dan tidak terkena penyakit apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *