PENYEBAB PARU PARU BASAH PADA BAYI YANG HARUS ANDA KETAHUI

penyebab paru paru basah pada bayi
Di ilmu kedokteran penyakit paru paru basah disebut dengan pneumonia. Penyakit tersebut diawali dengan infeksi paru paru dan tidak hanya menyerang usia dewasa tetapi mudah menyerang bayi serta anak yang berusia dibawah 5 tahun atau bahkan 6 tahun yang gejalanya menyerupai masuk angin biasa.
Berikut ini gejala paru paru basah pada bayi dan anak anak
  • Rewel dan sering menangis
  • Tubuh demam ringan hingga berat
  • Hidung meler terus menerus dan tersumbat
  • Muntah dan tidak nafsu makan
  • Kesulitan tidur
  • Dada sakit saat batuk
  • Perut mulai membuncit
  • Kulit dan kuku bewarna pucat
  • Tubuh lemas
  • Nafas Berbunyi
Penyebab Paru-Paru Basah Pada Bayi dan Anak
  1. Daya tahan tubuh lemah, Pada dasarnya anak anak dan bayi tidak memiliki daya tahan tubuh sekuat orang dewasa dalam melawan serangan bakteri,virus atau mikroorganisme melalui udara.
  2. Zat Kimia obat obatan, Zat kimia pada obat bisa berubah menjadi racun yang mematikan dan bisa melukai organ tubuh termasuk paru paru.
  3. Terkena Infeksi, Jika seorang ibu telah di diagnosa memiliki tanda tanda terkena HIV ketika sedang mengandung maka penyakit tersebut akan di wariskan pada bayi yang di kandungnya. Bayi yang tertular penyakit tersebut saat dalam kandungan akan memiliki masalah pada penurunan kekebalan tubuhnya dan terinfeksi oleh virus atau bakteri parasit jenis pneumocystis yang ada pada HIV. Sudah terbukti salah satu penyebab paru paru basah pada bayi dan anak adalah penularan HIV dari ibu pada janin melalui plasentanya.
  4. Autoimun, Autoimun merupakan penyakit yang disebabkan karena pertahanan tubuh menyerang dirinya sendiri akibat turunnya kepekaan tubuh membedakan benda asing yang ada dalam tubuh.  Penyakit ini sering menyerang anak anak dan mengakibatkan berkembang biaknya bakteri penyebab paru paru.
  5. Asi Terkontaminasi Zat Berbahaya, Jika seorang ibu perokok aktif dan memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol saat program menyusui maka kualitas ASI yang di keluarkan ibu akan memburuk. Asi akan terkontiminasi zat zat berbahaya yang seharusnya tidak boleh masuk ke dalam tubuh bayi maupun anak anak yang masih menyusui.
  6. Vaksinasi, Bayi yang tidak mendapatkan vaksinasi akan rentan terkena bakteri streptococcus pneumoniae yang biasa menyerang pada usia dibawah 5 tahun.
  7. Gizi buruk, Balita yang tidak mendapatkan nutrisi yang seimbang maka tubuhnya tidak akan memiliki imunitas yang kuat dan tidak mampu mencegah serangan mikroorganisme penyebab paru paru sehat.
  8. Kebersihan diri tidak terjaga, Anak anak yang tidak di biasakan untuk berlatih dan belajar menjaga kebersihan tubuhnya sendiri dapat beresiko terkena paru paru basah.
  9. Lingkungan buruk, lingkungan yang buruk yaitu banyak debu, asap kendaraan, asap rokok, asap pembuangan sampah yang memiliki kandungan radikal bebas dan didalamnya terdapat bakteri yang menjadi penyebab paru paru basah pada anak.
  10. Pakaian Basah, Anak anak yang sering bermain dengan air atau tubuhnya dalam kondisi berkeringat dan tidak segera di ganti bajunya maka akan rentan terserang paru paru basah secara perlahan lahan, Karena pakaian yang lembab dan basah menjadi salah satu penyebab yang paling mudah di masuki bakteri dan virus.
  11. Masuknya zat kimia, Makanan yang mempunyai serbuk kimia yang sangat halus bisa masuk ke tubuh anak anak melalui rongga hidung dan mulu yang dapat masuk ke organ paru paru lalu menyebabkan infeksi paru paru sehingga paru paru terisi dengan cairan infeksi.
  12. Tertular Flu, Anak anak yang berada di lingkungan yang menderita influenza atau flu maka akan rentan terkena virus influenza. Jika virus tersebut masuk ke dalam tubuh anak maka akan menyebabkan infeksi pada area paru paru.
  13. Kurangnya ventilasi rumah, jika rumah kekurangan ventilasi maka akan menyebabka sinar matahari tidak bisa masuk ke dalam ruangan untuk pergantian udara yang lebih bersih dan ruangan rumah menjadi lembab serta perkembangan bakteri atau virus menjadi lebih cepat.
  14. Tidak mendapatkan ASI, Asi merupakan makanan yang paling baik untuk pertahanan tubuh anak anak dan melindungi organ paru paru dari munculnya gejala paru paru basah, jika pemberian ASI tidak rutin dan tidak konsisten maka akan menyebabkan bayi rentan terserang bakteri atau virus penyebab pneumonia.
Itulah beberapa penyebab paru paru basah pada anak, jika tidak ingin anak anda mengalaminya anda harus memulai untuk hidup lebih sehat agar anda dapat mencegah penyebab penyebab penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *