PENYEBAB NYERI DADA SAAT BERNAFAS MENURUT DOKTER

PENYEBAB NYERI DADA SAAT BERNAFAS

Jika anda sering merasakan nyeri dada anda harus berhati hati dan jangan pernah menganggapnya masalah sepele. Sebelum mengetahui penyebab nyeri dada saat bernapas lebih baik terlebih dahulu anda harus mengetahui penjelasan nyeri dada tersebut.

Nyeri dada merupakan rasa nyeri yang sakit dan tertekan pada bagian dada. Bagian tubuh yang sering merasa nyeri dan terasa seperti di tusuk biasanya dimulai dari bahu hingga ke tulang rusuk. Walau jarang terjadi rasa sakit ini bisa menjalar ke rahang, leher, dan hingga ke tangan. Nyeri dada harus segera di atasi secara serius karena nyeri dada ini gejala awal berbagai penyakit termasuk penyakit jantung. Anda harus berhati hati dan waspada jika merasakan nyeri dada. Hal ini bisa menyebabkan anda memiliki faktor resiko untuk menderita jantung koroner. Jantung koroner juga disebabkan oleh merokok, obesitas, menderita tekanan darah tinggi, diabetes dan kolestrol. Sakit dada sebelah kanan atau sebelah kiri biasanya terkait dengan serangan jantung, meski pada umumnya serangan jantung dominan terasa pada sebelah kiri. Sakit dada sebelah kanan harus di waspadai karena bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius dan mengancam nyawa anda.

Apa penyebabnya?

Pada umumnya nyeri dada sering disebabkan oleh :

  1. Infeksi herpes Zoster
  2. Peradangan pada jaringan Payudara
  3. Gangguan menelan atau disfagia
  4. Infeksi pada saraf yang menimbulkan ruam
  5. Penyakit asam lambung dan nyeri ulu hati
  6. Inflamasi pada tulang rawan yang menyambungkan tulang dada dengan tulang rusuk
  7. cedera pada otor rongga dada atau tulang rusuk
  8. Batu empedu atau gangguan pada kandungan empedu

Sakit dada sebelah kanan atau sebelah kiri tidak semua terkait dengan penyakit jantung, Berikut ini penyebab yang tidak akan memunculkan penyakit jantung.

  1. Pneumotos terjadi karena adanya udara di antara kedua lapisan yang membungkus paru paru sehingga paru paru mengempis dan penderitanya akan sangat sulit untuk bernapas.
  2. Serangan panik, jika anda merasakan kecemasan yang berlebihan maka akan membuat detak jantung anda menjadi sangat cepat dan sesak napas di landa rasa ketakutan.
  3. Emboli paru paru, Hal tersebut terjadi karena terbentuknya gumpalan darah yang ada di pembuluh darah paru paru.

Jika mengalami salah satu yang di atas, sebaiknya anda harus segera menemui dokter agar mendapatkan penanganan yang sangat baik sehingga tidak akan menyebabkan resiko yang membahayakan kesehatan anda.

Berikut ini beberapa tanda nyeri dada yang umum dan tidak berhubungan dengan jantung

  1. Rasa nyeri yang bertambah parah atau membaik saat mengubah posisi tubuh
  2. Nyeri ulu hati atau serasa makanan dari lambung naik kembali ke kerokongan
  3. Sulit menelan
  4. Dada terasa sakit saat di tekan
  5. Dada terasa nyeri saat batu atau menarik napas panjang

NYERI DADA JANGAN DIANGGAP REMEH. NYERI DADA YANG DISEBABKAN KARENA PENYAKIT JANTUNG BISA BERAKIBAT FATAL

Meskipun tidak semua nyeri dada berakibat dengan serangan jantung dan penyakit jantung lainnya  tetap saja anda harus mewaspadainya. Jika nyeri dada karena gangguan jantung maka akan muncul penyakit angina dan serangan jantung. Angina terjadi karena adanya penyempitan arteri yang menyuplai darah ke otot jantung sehingga aliran darah ke jantung menjadi terbatas dan jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup, Dan pada akhirnya akan menyebabkan dada terasa sakit. Sedangkan serangan jantung akan membuat dada anda terasa seperti di remas dan di tekan oleh benda berat.

 

Berikut ini beberapa gejala nyeri dada yang menandakan serangan jantung atau penyakit jantung lainnya.

  1. Sulit bernapas
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Dada terasa tertekan atau sangat sakit
  5. Rasa sakit menyebar ke lengan sebelah kiri
  6. Dada terasa nyeri saat melakukan kegiatan fisik dan reda ketika beristirahat
  7. Rasa nyeri berlangsung lama
  8. Keringat dingin
  9. Pusing dan merasa lemas

Jika anda menderita obesitas, hipertensi, kolestrol tinggi, diabetes atau memiliki kebiasan merokok lainnya anda harus lebih waspada, Karena penderita penyakit jantung yang tidak mengalami rasa sakit yang parah dan hanya mengalami sedikit ketidaknyamanan pada dada. Jika anda sudah merasa tidak nyaman pada dada sebaiknya anda periksakan ke dokter untuk memastikan bukan serangan jantung.
Selain serangan jantung ada juga kondisi yang membahayakan nyawa dan sering menyebabkan nyeri dada yaitu kondisi diseksi aorta. Kondisi tersebut terjadi karena lapisan pembuh darah utama pada tubuh sobek sehingga aliran darah ke tubuh terhambat. Kondisi tersebut tergolong sangat fatal dan memerlukan pertolongan medis secara cepat.
Nyeri dada akibat angina terjadi karena kegiatan fisik, relatif ringan yang berlangsung kurang dari 15 – 20 menit dan akan reda jika anda telah mengkonsumsi obat untuk angina.

Jika anda sedang merasakan nyeri dada anda bisa mengonsumsi minuman dibawah ini untuk mengatasi nyeri dada anda.

1. Jus bawang putih

Bawang putih sering digunakan untuk obat rumahan yang paling efektif untuk mengatasi nyeri dada, Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bisa mencegah dan menunda penyakit kardiovaskular.

2. Kunyit

Kunyit sangat di anjurkan oleh dokter untuk mengatasi nyeri dada, sifat anti inflamasi yang dimiliki kunyit bisa membantu mengurangi rasa sakit di dada.

3. Jahe

Jahe sudah terbukti ampuh untuk mengobati nyeri dada. Kandungan dalam jahe bersifat antioksidan yang mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat kolestrol.

4. Kacang Almond

Almond memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang mampu mengurangi kolestrol darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Daun Selasih

Daun selasih memiliki kandungan vitamin A yang bersifat antioksidan serta magnesium yang mampu mengatasi nyeri dada.

Jika nyeri dada tidak menghilang dalam waktu beberapa jam dan anda kesulitan bernapas anda harus segera mendapat penanganan dari dokter agar dokter bisa dengan cepat mengobati nyeri dada tersebut sehingga kondisi tersebut tidak membahayakan nyawa anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *