KENALI 5 PENYEBAB MUNCULNYA BENJOLAN DI PAYUDARA 

Penyebab Munculnya Benjolan di Payudara

Ada beberapa kondisi medis yang bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di payudara. Untuk itu anda harus simak baik baik artikel ini.

Munculnya benjolan di payudara dapat dijadikan sebagai salah satu gejala awal munculnya suatu jenis penyakit. Jenis penyakit yang sering menyerang bagian payudara adalah kanker dan tumor. Anda harus melakukan deteksi sedini mungkin, hal ini penting dilakukan perempuan supaya mencegah perkembangan kanker payudara yang ganas. Adanya kanker disebabkan karena sel abnormal yang berkembang di payudara. Namun anda perlu tahu tidak semua benjolan di payudara bersifat kanker. Banyak kemungkinan munculnya benjolan tersebut adalah kelainan hormon. Benjolan juga bisa di sebabkan infeksi atau trauma.

Penyebab Benjolan Di Payudaran

Ada beberapa penyebab payudara yang non kanker diantaranya :

  • Infeksi payudara

Hal ini sering dialami oleh ibu menyusui, Infeksi ini menyebabkan benjolan pada payudara disertai nyeri. Hal ini disebabkan oleh bakteri dari permukaan kulit atau dari mulut bayi yang masuk ke saluran susu melalui puting. Bisa juga disebabkan karena saluran susu yang tertutup.

  • Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah jenis tumor jinak yang sering dialami wanita, tumor ini memiliki ciri ciri bisa digerakan dan bisa berpindak pindak tempat juga, bahkan ketika ditekan benjolannya akan terasa padat dan solid. Tumor ini sering diderita oleh wanita yang berusia 20-30 tahun. Benjolan tumor ini kemungkinan bisa membesar dan memerlukan wakut lama untuk ukurannya menjadi sangat besar.

  • Kista

Kista merupakan kantung kantung yang berisi cairan. kista biasanya terdeteksi oleh dokter ketika ukurannya sudah membesar kira kira 2,5 – 5 cm. Benjolan yang disebabkan kista ini cenderung membesar dan menjadi lunak ketika mendekati masa menstruasi. Benjolan ini memiliki bentuk bulat dan lonjong serta mudah digerakan dan berpindah pindah ketika disentuh.

  • Payudara fibrokistik

Benjolan ini muncul ketika payudara mengalami perubahan, hal itu disebabkan oleh ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi. Benjolan ini terasa nyeri dan puting susu juga menjadi lebih sensitif. Gejala benjolan ini terjadi ketika periode sebelum menstruasi.  Jika gejalanya tetap bertahan mesikpun menstruasi sudah selesai anda harus segera ke dokter.

  • Abses Payudara

Abses adalah sekumpulan nanah yang membentuk pada payudara dan terasa menyakitkan. Gejala abses yaitu demam yang cukup tinggi dan peradangan pada kulit diatas nanah. Abses di sebablan oleh infeksi bakteri yang masuk melalui celah celah kecil dikulit atau masuk melalui kulit puting.

  • Haid

Saat haid wanita mengalami perubahan hormon yang bisa memperburuk semua masalah di jaringan payudara. Haid dapat menyebabkan payudara menjadi membengkak dan terasa berbeda. Menurut sebuah penelitian mengatakan gumpalan darah yang menyebabkan benjolan selama siklus haid adalah hal normal. Benjolan tersebut terjadi akibat adanya cairan berlebihan di bagian dada yang disebabkan hormon.

  • Gumpalan Darah   

Benjolan di payudara yang di sebabkan pembekuan darah sangatlah jarang. Benjolan tersebut timbul di pembuluh darah tepat di bawah kulit atau tromboflebitis superfisial. benjolan tersebut tergolong langka dan bisa mempengaruhi salah satu pembuluh darah di payudara yang sering mempengaruhi benjolan di sisi luar atau bawah puting payudara.

Mengenali Benjolan Kanker payudara

Untuk mewaspadai kanker anda harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri sebagai tindakan deteksi dini. Berikut ini gejala adanya benjolan pada payudara yang bersifat kanker :

  1. Puting susu tertarik kebagian
  2. Payudara mengalami perubahan ukuran dan bentuk
  3. Puting susu mengeluarkan cairan mengandung darah
  4. beberapa area payudara terdapat penebalan kulit
  5. Munculnya bintik bintik merah pada sekitar puting susu

Berikut ini ciri ciri benjolan yang tidak berbahaya :

  1. Benjolan mudah digerakan
  2. memiliki batas yang jelas
  3. Benjolan berbentuk oval atau bulat seperti kelereng
  4. Pertumbuhannya lambat
  5. Benjolan kadang terasa sakit kadang tidak
  6. Aktivitasnya cenderung mengikuti siklus menstruasi

Cara Memeriksa Payudara Sendiri Di Rumah

Terdapat beberapa cara yang harus di lakukan untuk pemeriksaan.

  • Saat Mandi

Anda bisa memeriksa payudara ketika saat mandi, Busa sabun akan memudahkan pergerakan tangan untuk memeriksa benjolan atau perubahan pada benjolan. Angkat tangan kiri anda ke belakang kepala. Gunakan tangan lain yang di lumuri sabun untuk meraba payudara di sisi tangan yang terangkat. Gunakan jari untuk menekan nekan bagian demi bagian dengan lembut. Lakukanlah hal tersebut pada payudara sisi kanan.

  • Saat Berbaring

Pemeriksaan payudara sendiri bisa di lakukan ketika anda berbaring. Pilih tempat tidur yang permukaan datar dan nyaman. Saat berbaring payudara menjadi melebar sehingga memudahkan untuk di periksa.
Ketika berbaring tempatkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah pundak. Tempatkan tangan kanan di bawah kepala, lumuri tangan kiri dengan losion dan gunakan jari untuk meraba payudara kanan.
Anda juga bisa melakukan pergerakan seperti jam. Mulailah gerakan dari titik 12 ke angka 1 dengan gerakan melingkar. Setelah 1 lingkaran, geser jari dan mulailah kembali sampai seluruh permukaan payudara dan puting selesai teraba.

  • Di Depan Cermin

Anda bisa melakukan pemeriksaa dengan tangan, penglihatan dan cermin. Berdirilah di depan kaca dan buka pakaian dari pinggang ke atas pastikan pencahayaan dalam ruangan cukup. Lakunlah hal hal berikut ini untuk memeriksanya.

  1. Perhatikan payudara anda, kebanyakan wanita mempunyai payudara yang ukurannya tidak sama. rata rata payudara kanan lebih besar atau lebih kecil di banding payudara kiri begitupun sebaliknya.
  2. Berdirilah dengan lengan di samping tubuh, anda harus memperhatikan bentuk, ukuran dan apakah ada perubahan seperti warna kulit dan bentuk puting payudara.
  3. Letakan tangan pada pinggang dan tekan kuat kuat untuk mengencangkan otot dada, Perhatikan sambil berkaca dari sisi payudara kiri ke kanan begitu sebalinya.
  4. Membungkuklah di depan kaca sehingga payudara menjulur kebawah, perhatikan serta raba apakan payudara ada perubahan tertentu atau tidak.
  5. Tautkan kedua tangan di belakang kepala dan tekan kedalam,  Perhatikan kedua payudara anda termasuk bagian bawah.
  6. Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting, Tempatkan jempol dan jari telunjuk di sekitar puting lalu tekan secara perlahan dan perhatikan apakah ada cairan keluar. ulangi pada payudara bagian kiri.

Anda tidak harus buru buru saat melakukan pemeriksaan pastikan semua permukaan payudara teraba dengan seksama. Jika terdapat perubahan segera periksakan diri ke dokter jika dalam pemeriksaan sendiri anda menemukan :

  1. Perubahan pada permukaan kulit seperti kulit berkerut atau terdapat cekungan
  2. Benjolan keras pada payudara atau tidak
  3. Keluar cairan dari puting payudara bukan ASI
  4. keluar darah dari puting
  5. Perubahan ukuran dan bentuk terutama ketika mengangkat payudara atau menggerakan lengan.
  6. adanya ruam di sekitar puting
  7. Puting berubah bentuk menjadi melesak ke dalam
  8. Bagian putih memerah dan menjadi lembang serta tak kunjung berubah menjadi seperti semula
  9. Rasa sakit yang terus berlanjut pada payudara sehingga membuat tidak nyaman.

Jika anda merasakan perubahan itu semua anda harus benar benar segera di periksa dokter, agar benjolan tersebut segera di tangani dan tidak membahayakan kondisi kesehatan anda.

Cara Menghilangkan Benjolan Pada Payudara

Anda bisa menggunakan ramuan tradisional ini untuk menghilangkan benjolan pada payudara.

  • Kulit Manggis

Cara membuat ramuannya yaitu :

Bahan-Bahan

  1. 500 gram manggis
  2. 1000 ml air
  3. Madu

Cara membuatnya

  1. Belah manggis lalu pisahkan kulit manggis dan buahnya
  2. Cuci sampai bersih kulit manggis
  3. Keruk bagian empuk di kulit manggis dan buang bagian luar kerasnya
  4. Jemur sampai kering
  5. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukan kulit manggis yang sudah kering
  6. Rebus selama 5 menit lalu biarkan dingin
  7. Tuangkan rebusan tersebut kedalam gelas
  8. Tambahkan madu sebagai pemanis.
  • Daun Sirsak

Cara membuat ramuan daun sirsak yaitu :

  1. Siapkan 10-15 lembar daun sirsak
  2. Air sebanyak 600 ml atau 3 gelas
  3. Rebus 10-15 daun sirsak menggunakan air 600 ml dan gunakan api
  4. kecil sampai air didalamnya tersisa 200 ml atau tinggal satu gelas
  5. Tuangkan air rebusan daun sirsak lalu tunggu sampai dingin
  6. Minumlah air tersebut 3 kali sehari agar benjolan cepat hilang.

Itulah beberapa penyebab benjolan payudara. Jika anda sudah tahu lakukan lah pemeriksa payudara sendiri secara rutin supaya anda dapat mengetahui ketika ada benjolan sekecil apapun di payudara. Jika menemukan benjolan yang mengalami perubahan lebih baik anda segera periksa ke dokter agar bisa memastikan benjolan tersebut bukan golongan kanker. Untuk wanita yang berusia diatas 50 tahun, anda sangat di anjurkan untuk melakukan payudara secara rutin setiap 3 tahun sekali ke dokter. Jika benjolan tersebut bukan kanker anda bisa melakukan pengobatan alternatif menggunakan obat tradisional benjolan di payudara untuk menghilangkan benjolan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *