Penyebab Infeksi Saluran Pencernaan Menurut Dokter

Penyebab infeksi saluran pencernaan

Infeksi saluran pencernaan merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan tubuh. Penyakit ini akan mengganggu dan akan menimbulkan rasa sakit yang bisa menghambat akitivitas anda. Penyakit bisa menyerang siapa saja dan bisa menyerang secara mendadak.

Salah satu infeksi pencernaan yang paling sering terjadi yaitu diare, Di beberapa negara diare merupakan salah satu penyebab kematian paling biasa dan telah di derita sekitar 2,5 juta kematian setiap tahunnya.

Maag sering di sebut tukak lambung, maag terjadi karena adanya bakteri bernama Helicobacter pylori. Bakteri tersebut memiliki kemampuan untuk merusak lambung dan menimbulkan rasa nyeri akibat perut melilit. Maag sering di sebabkan karena terlambat makan sehingga penderita penyakit maag harus menjaga pola makan yang teratur.

Sembelit merupakan salah satu infeksi saluran pencernaan. Sembelit terjadi karena di dalam usus besar terjadi penyerapan volume air yang terlalu besar sehingga tinja jadi mengering dan mengeras. Jika tinja mengeras maka akan susah untuk di keluarkan dan terkadang saat pengeluaran tinja akan mengeluarkan darah dan terasa sakit.

Infeksi saluran pencernaan lainnya yaitu radang usus buntu. Hal ini terjadi karena adanya peradangan akibat benda asing di usus sehingga tidak bisa keluar dengan sendirinya. Biasanya jika orang suka makan pedas sering kali biji cabai tertinggal di usus dan tidak bisa di keluarkan. Benda asing yang ada di usus tersebut menyebabkan usus buntu lama kelamaan bisa pecah dan selaput di usus ikut meradang.

Gejala infeksi pencernaan yang harus di waspadai yaitu mual, muntah muntah. nafsu makan menurun, demam, berat badan turun tanpa sebab, Diare di sertai darah, dehidrasi dan wajah terlihat pucat. Jika anda mengalami salah satu gejala awal seperti yang di atas segeralah pergi ke dokter, supaya gejala tersebut cepat di atasi dan tidak membahayakan kondisi kesehatan anda.

Penyebab Infeksi Saluran Pencernaan

Infeksi saluran pencernaan yang menerpa anda bisa di kategorikan berdasarkan penyebabnya berikut penjelasannya.

  • Bakteri

Bakteri merupakan penyebab infeksi pada saluran pencernaan. Jika bakteri menginfeksi perut dan usus maka besar kemungkinan anda akan mengalami peradangan. Kondisi ini di awal dengan muntah, diare dan perut kram.

Infeksi yang di sebabkan bakteri pada umumnya sering di sebut keracunan makanan. Hal tersebut terjadi karena masalah kebersihan atau bisa juga kontak langsung dengan hewan.

  • Virus

Infeksi yang disebabkan virus sering di tandai dengan gejala seperti diare, mual dan muntah serta kram pada perut. Terkadang kondisi tersebut di sertai dengan munculnya demam. Jika infeksi di alami oleh orang sehat maka akan sembuh dengan mudah tanpa menimbulkan komplikasi, tetapi jika yang menderita seperti bayi, manula atau orang yang sistem kekebalannya tidak cukup kuat maka infeksi kemungkinan besar akan berakibat fatal. Jika anda tidak ingin infeksi ini terjadi alangkah baiknya anda memastikan makanan dan minuman yang di konsumsi terbebas dari kontaminasi virus dan cucilah tangan secara teratur dengan sabun.

Virus terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  1. Rotavirus,  Virus ini sering menular melalui mulut dan lebih mudah menyerang pada bayi dan anak-anak. Bayi dan anak anak sering memasukan jari atau benda yang sudah terkontaminasi virus ke dalam mulut. Orang dewasa yang terkena virus ini kemungkinan tidak merasakan gejala apapun tetapi mereka tetap bisa menularkannya pada ana-anak kecil maupun pada bayi.
  2. Norovirus, Virus ini sangat mudah menular dan bisa menyerang siapapun baik orang dewasa maupun anak anak. Virus ini kebanyak terjadi pada kasus keracunan makanan. Penyebaran virus ini biasanya pada beberapa tempat seperti ruang kelas, asrama, kampus, tempat perawatan anak-anak dan tempat perawatan umum. Virus ini bisa menyebar lewat kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi.
  • Parasit

Penyebab infeksi saluran pencernaan lainnya yaitu parasit, Terutama parasit Giardia dan Cryptosporidium. Langkah pertama yang penting untuk mengobati infeksi yang disebabkan parasit yaitu dengan menghentikan penularan. Penderita sebaiknya membatasi kontak dengan orang lain agar infeksi tidak menyebar dan menular.

  • Jamur

Infeksi karena jamur di tandai dengan gejala diare dalam waktu yang lama disertai dengan mual, muntah, sakit perut, pendarahan, feses yang berwarna hitam dan demam. Diare yang di sebabkan jamur biasanya sering di derita oleh orang yang mempunyai sistem imun tubuh rendah seperti orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS dan Tuberkolosis. Jamur yang sering menyebabkan infeksi yaitu spesies candida dan aspergillus.

Bahaya Infeksi Saluran Pencernaan

Penyebab Infeksi Saluran Pencernaan

Waspada Infeksi Saluran Pencernaan Mengancam Jiwa !!!

Infeksi saluran pencernaan yang tidak di obati akan menjadi buruk dari waktu ke waktu dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius sehingga membahayakan nyawa anda. Berikut bahaya komplikasi infeksi pencernaan

  • Pendarahan internal saluran pencernaan

Hal ini terjadi karena ulkus peptikum begitu dalam sehingga mengenai lapisan pembuluh darah, penderita akan merasakan beberapa gejala seperi buang air besar bewarna dan muntah darah. Pendarahan ini bisa menyebabkan kekurangan darah bahkan bisa menyebabkan kematian.

  • Penyempitan saluran esofagus

Esofagus merupakan kerusakan pada dinding di bagian bawah perut. Esofagus terjadi karena lambung teriritasi terus menerus.

  • Terbentuknya jaringan parut

Tukak lambung yang bengkak akan membentuk jaringan parut atau juga bisa di sebut dengan sirosis hati yang bisa menyumbat saluran pencernaan sehingga makanan tidak awet dan akan muncul komplikasi yang menyebabkan perut cepat kenyang, muntah muntah dan penurunan berat badan drastis.

  • Kanker lambung

Penyebab kanker lambung yaitu infeksi bakteri pylori yang bisa menggerogoti rongga lambung sehingga sel sel kanker pada bagian lambung akan berkembang secara tidak terkendali. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, kanker tersebut akan menyebabkan tumor yang dapat menjalar kebagian tubuh lainnya melalui sistem limfatik.

  • Peritonitis

Peritonitis di sebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri. Infeksi ini sangat berbahaya dan mengancam nyawa bahkan Kematian akibat peritonitis ini sudah mencapai 40% .

Untuk itu jika anda tidak ingin mengalami bahaya seperti yang di atas segeralah periksa ke dokter jika anda sudah mengalami salah satu gejala di atas, supaya dokter bisa menangani gejala tersebut lebih awal sehingga tidak mengakibatkan bahaya seperti ini.

Anda bisa mengatasi gejala awal infeksi tersebut dengan obat alternatif yang bisa anda lakukan di rumah, berikut daftar obat tradisional infeksi saluran pencernaan yang bisa anda olah menjadi ramuan :

 

  1. Lidah Buaya
  2. Kacang Hijau
  3. Kamomila
  4. Daun Meniran
  5. Kunyit
  6. Jahe
  7. Daun Sembung

Daftar obat tradisional di atas bisa anda olah menjadi ramuan untuk mengobati gejala infeksi ini. Lebih baik mengobatinya dari awal dari pada tidak sama sekali.

Itulah penyebab infeksi saluran pencernaan yang perlu anda ketahui sehingga anda bisa mencegah bakteri atau virus masuk kedalam tubuh anda dan mengganggu kesehatan anda. Mulailah menerapkan pola hidup sehat dan seringlah menjaga kebersihan supaya bakteri tidak menyerang tubuh anda. Hindari pantangan infeksi saluran pencernaan agar tidak membahayakan sistem pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *