Penyebab Gangguan Pernapasan Yang Harus Di Wapadai

Penyebab Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan merupakan suatu kondisi yang membahayakan untuk nyawa anda, karena paru paru tidak menyediakan cukup oksigen untuk tubuh. Berikut ini penjelasan tentang penyebab gangguan pernapasan.

Sistem pernapasan merupakan proses yang sangat penting untuk tubuh karena bisa menghasilkan energi pada sel dan membuang zat limbah karbondioksida pada tubuh. Namun ada beberapa penyakit dan kondisi yang dapat mengganggu fungsi pernasapan tersebut.

Gangguan pernapasan paling umum biasanya karena asap rokok, polusi udara, bahan bahan yang menyebabkan alergi, zat beracun, kecelakaan, infeksi dan faktor genetik. Kondisi tersebut bisa memicu peradangan dan kerusakan pada organ pernapasan yang menyebabkan munculnya keluhan saat bernapas. Penyebab lainnya bisa jadi karena masalah organ dalam seperti infeksi di paru paru, bekuan di paru paru atau cedera paru paru, Penyebab tersebut tidak sering di lihat dan tidak mudah di ketahui oleh penderitanya. Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut ini beberapa penjelasan tentang penyebab gangguan pernapasan diantaranya :

  • Asma

Penyebab ganguan pernapasan pada manusia yang pertama yaitu asma. Asma terjadi ketika saluran pernapasan meradang. Hal itu di sebabkan oleh debu, bulu binatang, serbuk sari tanaman, dan faktor lingkungan yang banyak asap rokok. Bisa juga terjadi karena gas, udara dingin, stress dan kelelahan. Hal itu semua bisa menimbulkan alergi yang membuat saluran pernapasan jadi menyempit, sensitif, dan tersumbat lendir lengket. Meskipun anda mengalami gejala awal penyakit ini anda harus waspada karena munculnya serangan asma berat ata kondisi sesak napas berat yang tidak membaik setelah di beri obat. Kondisi tersebut sangat bahaya dan harus segera pendapat pertolongan darurat untuk mengamankan saluran pernapasan. Jika tidak segera di tangani maka akan menyebabkan gagal napas yang mengancam nyawa.

Bronkitis merupakan salah satu penyebab gangguan pernapasan pada manusia, Bronkitis terjadi karena adanya infeksi pada bronkus yang menjadi iritasi dan meradang. Jika dinding bronkus terinfeksi virus atau bakteri maka akan banyak menghasilkan lendir dari pada biasanya. Tubuh akan batuk batuk guna untuk mengeluarkan lendir.  Jika bronkitis di sebabkan oleh virus maka gangguan pernapasan ini akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit paru paru obstruktif kronis terjadi karena akibat radang yang merusak struktur saluran pernapasan dan menimbulkan gangguan pernapas. Penyakit ini bisa semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Penyebab yang paling utama yaitu Rokok. PPOK ini menyebabkan paru paru mengalami kerusakan permanen, Pengobatanpun hanya membantu memperlambat penyakit ini tidak menyembuhkan secara total.
Gangguan pernapasan ini di sertai dengan faktor fisik tertentu seperti, kulit teraba dingin, tidak dapat bersuara, pucat atau kebiruan,reaksi alergi, batuk darah, nyeri dada, dan berat badan menurun tanpa sebab.

  • Alergi

Gejala yang ditimbulkan dari gangguan saluran pernapasan terjadi karena sebuah reaksi alergi seperti kulit gatal, batuk-batuk, kaki dan tangan terasa dinggi hingga kesadaran anda menurun. Jika kondisi tersebut sudah terjadi maka anda harus segera ditangani dengan serius oleh dokter untuk mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan.

Tidak hanya karena penyakit diatas pernapasan bisa terganggu tetapi ada juga karena kebiasaan yang bisa menyebabkan anda mengalami penyakit pernapasan seperti Kebiasaan merokok, Alkohol, Kurang tidur, Kurang berolahraga, Stress, Kurang minum air, dan Pola Makan kurang nabati.

Cara mengatasi gangguan pernapasan tersebut anda bisa menggunakan cara alami ataupun anda bisa menggunakan obat dari dokter. Jika gejalanya tidak parah anda bisa menggunakan cara alami yang mudah digunakan di rumah. Berikut cara alami untuk mengatasi gangguan pernapasan

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu obat tradisional yang sering di gunakan untuk penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Jahe mempunyai anti inflamasi yang membantu meringankan peradangan pada saluran pernapasan dan merilekskan otot-otot sehingga bisa mengurangi ketegangan di dada. Jahe juga memiliki manfaat untuk menguatkan sistem daya tubuh anda.

2. Cuka Apel

Cuka apel sering digunakan untuk pengobatan alami mengatasi gangguan pernapasan. Cuka apel membantu mengoptimalkan fungsi tubuh dan menyeimbangkan kadar PD serta membantu membunuh toksin toksin yang ada dalam tubuh.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami untuk obat herbal gangguan pernapasan seperti sesak napas, nyeri dada, asma dan lain sebagainya. Kandungan anti oksidan yang ada di dalam bawang putih mampu membantu menetralisir radikal bebas dan mengurangi kontraksi pada saluran pernapasan sehingga membuat napas anda menjadi plong dan lega.

4. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dan terapi uap bisa membuat anda bernapas lega dan menghentikan gangguan pernapasan seperti asma. Udara hangat dari air bisa merilekskan saluran pernapasan yang menegang dan kelembapannya bisa mengencerkan lendir yang menyumbat.

5. Kunyit

Kunyit merupakan bahan terbaik untuk pengobatan alami. Kunyit mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang mampu membantu membersihkan saluran pernapasan yang tersumbat dan meredakan iritasi serta peradangan.

Itulah penyebab gangguan pernapasan dan cara mengatasinya, tetapi Jika gangguan pernapasan tersebut  tidak kunjung sembuh dan gejalanya masih sering muncul, anda harus segera meminta solusi ke dokter agar gangguan pernapasan tersebut tidak membahayakan kondisi nyawa anda. Mulai dari sekarang terapkanlah gaya hidup sehat dan makanlah makanan yang menyehatkan paru paru anda sehingga saluran pernapasan anda lebih kuat dan tidak di serang virus atau bakteri yang membahayakan kondisi tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *