Pantangan Penderita Usus Buntu Yang Harus sangat Dihindari

pantangan penderita usus buntu

Pantangan penderita usus buntu itu banyak sekali. Untuk anda yang menderita penyakit usus buntu anda harus mengetahuinya.

Usus buntu merupakan organ pada tubuh yang berbentuk kantong kecil berukuran 5-10 cm yang berhubungan dengan usus besar. Jika radang usus buntu terjadi maka akan menimbulkan sakit yang luar biasa. Jika peradangnya makin parah maka usus buntu harus di operasi dan di angkat. Jika tidak diangkat maka besar kemungkinan usus buntu anda dapat pecah dan menimbulkan sakit yang luar biasa disertai infeksi yang lebih luas.

Gejala terjadinya usus buntu

  1. Demam
  2. Terjadi diare, susah buang air besah dan susah buang angin
  3. Adanya bengkak di bagian perut
  4. Terjadinya hilang nafsu makan
  5. Mual dan muntah
  6. Nyeri di perut bagian kanan dan bertambah sakit jika di tekan
  7. Nyeri di ulu hari dan di atas pusar

Selain Gejala ada beberapa penyebab usus buntu bisa pecah yaitu : Infeksi bakteri yang menyerang saluran pencernaan terutama pada usus buntu, Adanya penyumbatan pada usu buntu yang di sebabkan tinja, cacing, askaris, adanya jaringan limfe dan adanya tumor appendiks dan Adanya kuman yang masuk ke usus buntu. Tidak hanya itu saja makanan yang anda makan juga bisa menjadi penyebab usus buntu bisa pecah.

Pengobatan yang paling aman untuk usus buntu yaitu pengobatan secara alami, karena tidak akan menimbulkan efek samping apapun untuk tubuh. Selain melakukan pengobatan, anda juga harus menerapkan pola hidup sehat termasuk menjauhi makanan yang menyebabkan usus buntu.Anda juga harus lebih cerdas dan lebih efektif dalam hal memilih makanan, karena bisa jadi makanan yang anda makan tidak sehat dan memiliki efek yang buruk untuk tubuh anda. Berikut ini beberapa pantangan untuk penderita usus buntu.

Minum Es

Bagi anda yang menderita usus buntu anda tidak boleh meminum minuman es, Karena minuman tersebut bisa memberikan efek samping yang mengagetkan usus dalam tubuh. Jika anda tidak menjauhinya maka usus tidak akan seimbang dan akan terjadi komplikasi yang berbahaya.

Minuman Yang mengandung Kafein

Minuman yang mengandung kafein bisa mempercepat kerja organ tubuh. Hal ini sangat tidak baik bagi anda penderita usus buntu karena hal itu bisa membangkitkan kelenjar limfoid yang tersimpan dalam usus buntu. Jika usus buntu sedang mengalami peradangan lebih baik anda segera menghindari minuman yang mengandung kafein agar usus buntu yang diderita anda tidak tambah parah.

Hindari buah nanas dan semangka

Bagi anda yang sedang dalam perawatan usus buntu anda harus menghindari buah buahan ini. Kandungan serat dalam buah ini sangat tinggi dan bisa dengan cepat melajukan makanan sehingga bisa mendesak usus besar yang sedang terkena radang. Kedua buah tersebut memang sangat baik untuk mencegah usus buntu tetapi buah ini juga tidak baik saat melakukan proses penyembuhan.

Makanan pedas

Makanan pedas juga bisa menimbulkan rasa sakit pada perut. Jika usus anda sedang mengalami peradangan maka makanan ini akan berdampak kurang baik dan bisa membahayakan tubuh . Anda harus menghindari makanan pedas ini agar kondisi kesehatan anda tidak semakin buruk.

Makanan yang mengandung lemak

Makanan yang memiliki banyak lemak ini akan membuat timbunan pada sisa makanan  dan perut akan semakin membengkak. Jika anda sedang mengalami usus buntu maka sebaiknya anda harus menghindari makanan yang berminyak ini.

Tidak hanya makanan yang diatas saja yang harus anda hindari tetapi anda juga harus menghindari minuman yang beralkohol, makanan dan minuman yang mengandung zat karsinogen, makanan yang mengandung garam dan vetsin tinggi, makanan yang diawetkan, Daging yang diproses instan dan daging unggas.

Rekomendasi makanan dan minuman yang sangat baik untuk penderita usus buntu

  • Air Lemon

Air lemon memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan membantu pengobatan beberapa penyakit. Air lemon membantu meningkatkan kesehatan penderita usus buntu.

  • Air Putih

Air putih sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan penderita usus buntu dan membantu menghindari resiko tinggi terkena dampak buruk yang bisa merugikan atau membahayakan kesehatan tubuh.

  • Tempe

Tempe memiliki kandungan protein dan serat yang lebih tinggi dan rendah lemak sehingga bagus untuk penderita usus buntu.

  • Brokoli dan Bunga Kol

Kedua sayuran tersebut sangat baik untuk usus dan sistem pencernaan. Sayuran tersebut mengandung inulin yang bertindak sebagai prebiotik.

  • Mengkonsumsi Yogurt

Yogurt sangat bagus untuk kesehatan, yogurt mampu memerangi bakteri pengganggu pada usus dan mengobati radang usus buntu.

  • Apel

Buah apel mengandung pektin yang bisa menebalkan dinding usus dan bisa melindungi saluran pencernaan dari bakteri atau virus.

Yakult

Yakult mampu mencegah penyakit yang masuk ke dalam usus. Yakult juga mampu membasmi kuman dan virus yang bisa menyerang ke dalam tubuh. Konsumsilah yakult setiap hari agar tubuh dan usus anda bisa terhindar dari virus virus jahat.

Itulah beberapa makanan yang harus anda hindari, Mulailah menerapkan gaya hidup sehat agar kondisi kesehatan anda tidak mudah di serang oleh berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *