PANTANGAN INFEKSI SALURAN PENCERNAAN YANG HARUS DIHINDARI

pantangan infeksi saluran pencernaan

Ada beberapa pantangan infeksi saluran pencernaan yang harus anda hindari, tetapi terlebih dahulu anda harus mengetahui penjelasan di bawah ini.

Sistem pencernaan merupakan sistem organ yang ada dalam tubuh dan berfungsi untuk menerima makanan sebagai sumber energi dan nutrisi untuk tubuh serta berfungsi mengeluarkan sisa dari proses pencernaan melalui anus. Secara jelasnya sistem pencernaan mencerna makanan dan mengubahnya menjadi molekul yang lebih kecil dan spesifik untuk lebih mudah menyerap kandungan dalam makanan.

  1. Sistem pencernaan dibagi menjadi dua, Yaitu :
    Saluran pencernaan yang di selimuti otot dan berfungsi untuk mencerna makanan yang akan di salurkan melalu pembuluh darah.
  2. Organ pendukung yang membantu proses pencernaan makanan yaitu gigi dan ludah, pankreas, kelenjar empedu, kelenjar ludah dan hati.

Jika anda sudah tahu sistem pencernaan tersebut anda harus berhati hati terhadap makanan yang anda makan, karena sistem pencernaan tersebut sangat rentan terjadi peradangan bahkan sampai infeksi. Infeksi saluran pencernaan merupakan penyakit yang menyerang organ pada sistem pencernaan secara bersamaan. Infeksi tersebut disebabkan oleh beberapa virus dan bakteri yang masuk melalui makanan atau lingkungan yang kurang sehat.

  1. Ciri-Ciri infeksi saluran pencernaan yang harus di waspadai yaitu
    Kram perut
  2. Diare
  3. Mual dan Muntah

Gejala infeksi saluran pencernaan yaitu mual dan muntah, demam, diare berair, berat badan menurun. Jika anda mengalami itu semua segeralah pergi ke dokter supaya dokter bisa cepat mengatasi gejala tersebut. Gejala infeksi saluran pencernaan tidak hanya itu saja masih banyak lagi, jika anda memiliki ke khawatiran akan gejalanya maka ikuti saran untuk segera menemui dokter.

Penyakit infeksi saluran pencernaan tidak hanya disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur saja tetapi makanan yang di konsumsi sehari hari juga bisa menjadi penyebab infeksi saluran pencernaan tersebut. Makanan yang dikonsumsi di ketahui sangat erat kaitannya dengan sistem pencernaan. Untuk dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat anda harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan infeksi salurn pencernaan. Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya anda tidak konsumsi supaya kesehatan sistem pencernaan anda terjaga dengan baik. Makanan tersebut antara lain yaitu :

Makanan Beraroma Tajam

Anda harus menghindari makanan seperti durian, jengkol, petai, dan nangka. Makanan makanan tersebut memiliki aroma tajam dan mengandung gas . Jika gas tersebut menumpuk pada lambung maka akan meningkatkan aktifitas dari lambung dan perut juga akan kembung.

Makanan Di Goreng

Makanan yang digoreng mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan diare, Lebih baik anda memilih makanan yang dipanggang atau dibakar agar lebih sehat untuk tubuh anda.

Makanan Pedas

Bagi anda penderita infeksi saluran pencernaan, anda tidak boleh mengkonsumsi makanan seperti ini. Makanan tersebut bisa menyebabkan rasa panas pada pencernaan terutama pada organ usus. Rasa panas tersebut bisa menyebabkan usus terasa perih dan nyeri sehingga akan membuat kondisi kesehatan anda menurun dan akan memperparah kondisi infeksi pada saluran pencernaan.

Daging-Dagingan

Anda tidak di larang untuk mengkonsumsi daging tetapi anda harus membatasi makanan yang terbuat dari daging dan tidak boleh berlebihan. Daging membutuhkan waktu yang lama untuk di cerna, makanan yang sulit di cerna seperti daging berpotensi bisa menumpuk pada saluran pencernaan sehingga menyebabkan saluran pencernaan anda tersumbat. Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan anda dan bisa menyebabkan resiko yang berbahaya jika tidak segera di atasi.

Papermint

Anda sangat di larang untuk mengkonsumsi papermint. Hal ini terjadi karena papermint menyebabkan otot di atas lambung berelaksasi yang bisa membuat makanan pada lambung kembali naik ke dalam kerongkongan. Papermint juga bisa membuat dada terasa panas dan terbatas. Hal itu tidak baik untuk tubuh dan kesehatan anda.

Minuman Beralkohol

Minuman yang beralkohol sangat tidak baik untuk tubuh dan kesehatan. Minuman ini mempunyai dampak buruk dan meningkatkan resiko yang bisa membahayakan kesehatan.

Minuman Berkarbonasi

Minuman berkabonasi memiliki banyak kandungan gas sehingga bisa menyebabkan lambung terasa penuh dan menyebabkan perut kembung. Minuman ini memiliki efek buruk untuk lambung. Jika anda terus menerus mengkonsumsi minuman ini maka lapisan dinding pada lambung akan terus terkikis oleh minuman ini. Hal ini bisa membahayakan sistem pencernaan dan meningkatkan resiko infeksi pada saluran pencernaan.

Kacang-kacangan

Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kacang. Kacang memiliki kandungan gula yang tidak bisa di cerna dengan baik oleh tubuh dan bisa menyebabkan perut anda menjadi kembung dan kram. Maka dari itu jika anda tidak ingin mengalami hal tersebut lebih baik anda menghindari kacang ini dan tidak boleh mengkonsumsinya.

Kol

Makanan yang terbuat dari sayuran kol memiliki kandungan gula yang sama seperti kacang. Sayuran kol akan lebih sulit di cerna oleh sistem pencernaan. tidak hanyak kol saja tetapi brokoli juga sangat sulit untuk di cerna. Jika anda ingin mengkonsumsinya anda harus memasak sayuran kol atau brokoli terlebih dahulu dan waktu untuk memasaknya pun lebih lama. Hal ini dilakukan supaya kol dan brokoli menjadi lunak sehingga mudah untuk di cerna dan tidak mengganggu sistem pencernaan.

Pemanis Buatan

Bagi anda yang tengah menderita infeksi saluran pencernaan, anda di larang untuk mengkonsumsi makanan yang di tambahkan pemanis buatan. Makanan yang mengandung pemanis buatan seperti permen karet sangat tidak bagus untuk kesehatan dan permen karet jika di telan sulit di cerna oleh sistem pencernaan. Maka dari itu jika anda tidak ingin kondisi kesehatan sistem pencernaan anda menurun lebih baik anda menjauhi dan tidak boleh mengkonsumsi makanan yang terbuat dari saluran pencernaan ini.

Jika anda ingin sistem pencernaan anda terus sehat, anda harus mengkonsumsi makanan sehat bagi penderita infeksi saluran pencernaan, apalagi jika yang menderita infeksi pencernaan akut, anda di larang mengkonsumsi makanan yang keras dan minuman yang bisa membuat infeksi pencernaan anda semakin parah. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang sehat untuk infeksi pencernaan :

  1. Nasi atau bubur
  2. Saus Buah apel
  3. Pisang
  4. Teh
  5. Ubi Jalar
  6. Jamu kunyit
  7. Teh Jahe
  8. Air Kelapa

Itulah penjelasan dari infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan serta makanan dan minuman yang sebaiknya haru di hindari untuk di konsumsi. Pantangan tersebut berguna untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan terjaga. Sangat penting untuk setiap orang memperhatikan kesehatan sistem pencernaan karena sistem tersebut bagian yang terpenting dalam tubuh yang bisa menjaga ubuh agar tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Sistem pencernaan yang baik akan mengoptimalkan nutrisi dalam tubuh dan akan membuat seseorang slalu sehat jika kebutuhan nutrisinya slalu terjaga dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *