OBAT TRADISIONAL LUKA BAKAR 100% AMPUH & TANPA BERBEKAS

obat tradisional luka bakar

Jika kalian ingin mengetahui obat tradisional luka bakar sebaiknya kalian terlebih dahulu mengetahui penjelasan luka bakar tersebut.

Luka bakar merupakan kerusakan pada jaringan tubuh, kerusakan kulit pada luka bakar menyebabkan sel sel kulit mati.

Tingkat keparahan luka bakar ada 3 yaitu :

Derajat  pertama luka bakar

Derajat pertama pada luka bakar ini biasa merusak hanya bagian lapisan kulit luar, hal ini menyebabkan kulit tidak melepuh hanya saja memerah.

Derajat Kedua Luka Bakar

Derajat kedua ini hanya merusak lapisan luar yang mengakibatkan lecet dan beberapa kulit menjadi tebal.

Deraja Ketiga Luka Bakar

Derajat  ketiga ini adalah yang paling parah, karena derajat ketiga ini merusak lapisan terdalam kulit beserta jaringan dibawahnya. Hal ini menyebabkan lapisan putih yang luas dan lapisan tebal kulit menjadi mati.

Gejala Luka Bakar

  1. Rasa sakit
  2. kulit pucat atau terbakar
  3. pembengkakan
  4. kulit mengupas
  5. lecet
  6. kulit menjadi memerah

Penyebab Luka Bakar

  1. Luka bakar disebabkan sinar matahari
  2. kebakaran
  3. luka bakar listrik
  4. luka bakar kimia
  5. luka bakar akibat cairan mendidih dan panas

Faktor Faktor Resiko Luka Bakar

obat tradisional luka bakar

  1. Merokok
  2. Cuaca Panas
  3. Paparan sinar matahari berlebih
  4. balita dan anak anak
  5. praktik pemanasan yang tidak aman

Pengobatan Luka Bakar

Luka Bakar Ringan

Gunakan air dingin atau kain lembab untuk membersihkan luka bakar anda, oleskan krim lidah buaya atau salep antiobik pada luka bakar tersebut. ikuti sesuai yang sudah diresepkan oleh dokter.

Luka Bakar Besar

Luka bakar ini diperlukan perawatan yan khusus oleh dokter, biasanya pengobatan luka bakar ini menggunakan antibiotik lewat infus atau operasi untuk mencegah infeksi pada kulit anda.

Luas Permukaan Luka Bakar

Derajat luka bakar ditentukan oleh 2 faktor, yaitu luas permukaan tubuh yang mengalami luka bakr dan lokasinya, Berikut penjelasan selebihnya :

Luka Bakar Ringan

  1. Luka bakar derajat satu kurang dari 50% luas
  2. luka bakar derajat dua kurang dari 15% luas
  3. luka bakar derajat tiga kurang 2% luas, kecuali pada tangan,wajah,kaki,saluran pernapasan dan kemaluan.

Luka Bakar Sedang

  1. Luka bakar satu luasnya lebih dari 50&
  2. luka bakar derajat dua luasnya diantara 15-30%
  3. luka bakar tiga luasnya diantara 2-10%

Luka Bakar Berat

  1. luka bakar mengelilingi alat gerak
  2. disertai cedera alat gerka
  3. luka bakar derajat satu luasnya lebih 30%
  4. luka bakar derajat dua luasnya lebih dari 30%
  5. semua luka bakar pada disertai cedera pada saluran napas,tulan,dan jaringan lunak.

Jika anda menderita luka bakar ringan, anda bisa mengikuti cara dibawah ini :

obat tradisional luka bakar

  1. Basuh area luka bakar, jika luka bakar karena bahan kimia anda harus mengalirkan air terus meneruk selama 20 menit atau lebih
  2. lepas pakaian dan perhiasan, jangan ada pakaian yang melekat pada luka bakar agar tidak menempel
  3. tutup luka bakar menggunakan penutup steril
  4. jangan memecahkan gelembung
  5. jangan menggunakan mentega,odol,kecap,kopi dan air es
  6. segeralah menemui dokter agar bisa diobati dengan cara yang lebih tepat.

Jika anda ingin segera pulih lebih baik anda mengonsumsi buah berikut ini :

  • Pepaya

obat tradisional luka bakar

Pepaya dapat membantu proses penyembuhan luka bakar anda, selain dapat menyembuhkan luka bakar pepaya juga sangat bagus untuk pencernaan.

  • Mangga

Mangga sangat disarankan untuk anda yang menderita luka bakar karena mangga bisa membantu proses penyembuhan luka bakar, Mangga juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker.

  • Kelapa

Bagi anda yang sedang menyembuhkan luka bakar sering seringlah anda meminum ari kelapa, karena air kela bisa mempercepat penyembuhan luka bakar.

  • Manggis 

obat tradisional luka bakar

Manggis juga bermanfaat untuk kulit, salahsatu manfaatnya yaitu bisa membantu menyembuhkan luka bakar.

  • Jambu Air

Jambur air ini bisa membantu proses penyembuhkan luka bakar anda, anda bisa mengonsumsinya dengan cara langsung ataupun diolah terlebih dahulu.

Berikut ini cara mengobati luka bakar menggunakan obat tradisional luka bakar :

  • Air Dingin

Agar luka bakar anda tidak menyebar ke permukaan kulit lainnya anda harus mengalirkan air dingin ke luka bakar selama beberapa menit, karena air dingin bisa menghentikan pembakaran luka tersebut dan meredakan rasa sakit.

obat tradisional luka bakar

Anda juga bisa mengompres luka bakar anda setiap beberapa jam sekali, Namun meskipun ini air dingin anda tidak boleh menggunakan es batu karena es batu bisa membatasi aliran darah dan bisa merusak jaringan kulit anda.

  • Kentang

Kandungan dalam kentang bisa menenangkan kulit, sifat anti inflamasi pada kentang bisa mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. anda hanya menggunakan kentang dengan cara mengosokan kentang yang sudah dipotong ke area luka bakar anda, atau juga bisa menggunakan jus kentang dan oleskan ke dalam kulit agar kentang bisa menyerap.

  • Lidah Buaya

kandungan yang dimiliki lidah buaya salah satunya yaitu zat yang bisa menyembuhkan jaringan pada kulit anda, sehingga lidah buaya sangat efektif untuk mengatasi luka bakar.

  • Minyak kelapa dan Jus Lemon

Minyak kelapa dan jus lemon ini sangat ampuh untuk mengobati luka bakar ringan, karena vitamin E dalam minyak kelapa berguna sebagai anti jamur,anti bakter, dan anti oksidan. Sedang jus lemon berguna meringankan bekas luka bakar karena kandunga asamnya.

obat tradisional luka bakar

Cara mengolahnya mudah sekali anda hanya perlu mencampur air perasan lemon dan minyak kelapa, lalu balurkan ke area luka bakar dan perban. Ganti perban setiap 3-4 kali sehari ya!!

  • Daun Pare dan Tepung Beras

Kombinasi daun pare dan tepung beras ini bisa mencegah pelepuhan pada luka bakar anda dan bisa menyembuhkan tanpa meninggalkan bekas  juga.

  • Mentimun

Mentimun dikenal sebagai obat masalah kulit, kandungan silika pada mentimun ini juga sangat membantu untuk mengatasii luka bakar anda dan tidak meninggalkan bekas luka. Silika pada mentimun ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan mencegah pelepuhan pada luka bakar anda.

  • Bawang Merah

obat tradisional luka bakar

Kandungan belerang dan quercetin pada bawang merah ini sangat membantu untuk menghilangkan rasa sakit. Bawang merah juga bisa menyembuhkan luka bakar dan mengurangi kemungkinan pelepuhan pada kulit yang terbakar. Anda hanya perlu menjadikan bawang merah sebagai menghaluskan bawang merah, setelah halus oleskan bawang merah ke bekas luka bakar dan ulangi selama beberapa minggu.

  • Cuka Putih

Cuka putih ini juga bukan hanya untuk memasak tetapi bisa menyembuhkan luka bakar juga, kandungan zat antiseptik pada cuka putih ini sangat efektif untuk mengobati luka bakar dan mencegah timbulnya infeksi.

  • Minyak Esensial Lavender

obat tradisional luka bakar

Minyak ini memiliki kandungan yang bersifat antiseptik,kandungan tersebut bisa menghilangkan rasa sakit yang disebabkan luka bakar. minyak ini juga dapat menurunkan resiko timbulnya jaringan parut pada bekas luka bakar anda.

  • Kantong Teh Hitam

Teh hitam mengandung asam tannic yang membantu mengeluarkan panas dari luka bakar dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan luka bakar.

  • Madu

obat tradisional luka bakar

Madu sangat ampuh untuk menyembuhkan luka bakar karena madu mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang sangat membantu untuk mengurangi berkembangnya beka luka bakar.

  • Susu dan Yogurt
  • obat tradisional luka bakar

Susu dan yogurt mengandung lemak dan protein yang bisa membantu menenangkan luka bakar dan proses penyembuhannya, anda hanya perlu merendam luka bakar menggunakan susu selama 15 menit.

Itulah obat tradisional luka bakar dan cara menggunakannya, jika luka bakar anda tambah parah anda harus segera ke dokter agar cepat teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *