MANFAAT MINYAK KAYU PUTIH UNTUK KESEHATAN SUDAH TERUJI AMAN

Manfaat Minyak Kayu Putih

Sebelum membahas manfaat minyak kayu putih, alangkah baiknya anda mengetahui penjelasan terhadap tanaman obat tersebut.

Kayu putih merupakan anggota suku jambu jambuan yang di manfaatkan untuk di buat minyak. Minyak biasanya di suling menggunakan uap terutama bagian daun dan rantingnya.

Tanaman obat ini tumbuh di indonesia bagian timur dan di australia bagian utara. Minyak kayu putih bisa anda gunakan sendiri atau di campur dengan bahan obat lainnya seperti lotion antiseptik yang di gunakan untuk mengobati nyeri sendi atau nyeri lainnya. Minyak kayu putih memiliki bau camphoraceous yang kuat seperti bau eceng gondok yang memiliki kandungan herbal.

Kayu putih memiliki kandungan unsur unsur yang sangat bermanfaat untuk tubuh seperti, eucalyptol, valeraldehyde, sequiterpene, pinocarveol, pinen, terpinol, camphen globulal, cineol, fenchen, serta butylaldehyde.

Selain itu kayu putih juga memiliki beberapa sifat seperti Dekongestan, Antijamur, Ekspektoran, Analgesik, Antibakteri, Antioksidan, Anti-inflamasi, Astringent, Antispasmodic, Tonic, Vulnerary, Insektisida, Antipiretik, Karminatif, dan lain sebagainya. sifat sifat tersebut sangat baik untuk tubuh dan kesehatan.

Minyak kayu putih sudah di gunakan dari dulu dan sudah di percaya sejak lama untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kayu putih di gunakan oleh suku aborigin yaitu suku asli australia untuk menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit. Berikut ini manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan yaitu :

  • Mengobati Pusing Atau Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gangguan untuk aktivitas sehari. Sakit kepala harus segera di obati, tetapi jika kita mengobatinya dengan obat kimia sering kali menimbulkan efek samping seperti mengantuk, mual dan sebagainya. Anda bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi sakit kepala tersebut. Anda cukup mengoleskan minyak kayu putih pada bagian leher belakang dan samping. Hal tersebut bisa memberikan udara yang segar dan membuat sistem pernapasan menjadi lebih rileks. Tubuh akan semakin tenang dan tidak tegang sehingga membuat rasa pusing atau sakit kepala hilang.

  • Mengurangi Demam

Anda bisa mengurangi demam dengan minyak kayu putih, anda cukup mengkompres dingin menggunakan larutan air yang sudah di campur beberapa tetes minyak kayu putih. Hal tersebut di percaya dapat membuat efek dingin pada kulit sehingga membantu menurunkan demam. Anda juga bisa menggunakan kunyit sebagai obat demam yang alami lainnya.

  • Aromaterapi

Minyak kayu putih memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang sering di gunakan berbagai jenis sabun, deodorant, losion, dan farfum. minyak kayu putih memberikan sensasi hangat pada tubuh. aroma yang lembut dalam kayu putih memberikan efek yang menenangkan untuk tubuh.

  • Meredakan Gangguan Keluhan Perut

minyak kayu putih menimbulkan sensasi yang hangat pada tubuh sehingga mengurangi gejala perut kembung, masuk angin, rasa mual dan sakit perut.

  • Meredakan Masalah Pernapasan

Minyak kayu putih mampu mengatasi masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, sinusitis, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Sifat anti bakteri, anti mikroba, anti virus, anti inflamasi dan dengestan yang di miliki kayu putih sangat di perlukan untuk pembuatan obat obatan yang terkait masalah pernasapan.

Menurut penelitian yang sudah di terbitkan Laryngoscape pada tahun 2004 mengatakan bahwa minyak kayu putih mampu mengobati sinusitis non bakteri. Pasien yang menderita sinusitis tersebut dapat sembuh dengan cepat ketika di berikan obat yang mengandung minyak kayu putih. Sedangkan uap pada minyak kayu putih yang bersifat dekongestan mampu membantu mengurangi hidung tersumbat dan gejala bronkitis. Anda cukup mengoleskan kayu putih ke bagian dada dan tenggorokan. Hal itu membantu untuk meredakan gejala batuk dan pilek yang sedang anda derita.

  • Meredakan Sakit Gigi

Minyak kayu putih mampu mengurangi keluhan sakit gigi karena memiliki manfaat yang sama dengan cengkeh. Anda hanya perlu mencampur minyak dengan kunyit lalu terapkan pada daerah gigi yang sakit. Kayu putih juga mampu meredakan rasa nyeri pada gusi yang di akibatkan tanggalnya gigi.

Cara lain untuk meredakan sakit gigi yaitu anda hanya perlu menggunakan beberapa tetes minyak kayu putih pada kapas lalu tempatkan kapas di antara gigi yang sakit. Berikan bantuan yang sangat cepat dan berlangsung beberapa jam. Hal itu membantu untuk membasmi kuman gigi dan membunuh banyak kuman di mulut.

  • Mencegah Infeksi Akibat Luka

Sifat anti septik yang ada pada kayu putih mampu mencegah kemungkinan adanya infeksi pada luka seperti goresan ataupun luka bakar. Anda cukup menggunakan beberapa tetes minyak kayu putih dalam air bersih lalu gunakan untuk mencuci luka tersebut.

  • Mengatasi Kulit Berminyak

Kayu putih memiliki zat yang kuat salah satunya yaitu astringent yang mampu mengurangi kadar minyak pada wajah anda. Cara menggunakannya yaitu anda cukup menambahkan beberapa tetes kayu putih ke dalam air lalu oleskan pada wajah menggunakan kapas. Hal tersebut sudah terbukti mampu mengurangi minyak pada wajah anda.

  • Meredakan Kram Otot

Kayu putih mampu meringankan segala jenis kram. Anda hanya perlu menambahkannya ke air hangat yang biasa di gunakan untuk mandi. Cara lain untuk meredakan kram otot yaitu

  1. Tambahkan sekitar 1 cangkir garam
  2. Minyak kayu putih sekitar 20 tetes
  3. Minyak essensial lavender
  4. Berendamlah dengan ramuan tersebut
  5. Lakukan pijatan lembut pada otot yang sakit akibat kram tersebut.
  • Mengobati Diabetes Dan Obesitas

Menurut sebuah studi yang ada dalam Journal Of Nature Obat dari Institute Of Natural Medicine mengatakan bahwa air dan metanol ekstrak kayu putih mampu di gunakan dalam pengobatan toleransi glukosa dan mengobati diabetes tipe 2.
Mereka mengatakan juga bahwa ramuan kayu putih mampu meningkatkan sensitifitas insulin, meningkatkan kontrol glikemik dan ketahan terhadap diet yang di sebabkan obesitas.

  • Melindungi Dari Serangga Dan Kutu

Aroma yang kuat dalam kayu putih mampu membuat serangga tidak ingin mendekati anda. Anda cukup mengoleskan minyak kayu putih ke kulit anda. Hal ini mampu mencegah anda dari penyakit yang di sebabkan karena gigitan nyamuk seperti penyakit demam berdarah. Kayu putih juga mampu mengusir kutu dari rambut, anda hanya perlu mengoleskan beberapa tetes kayu putih pada rambut yang berkutu.

  • Mengurangi Resiko Kejang dan Pingsan

Kejang adalah suatu keadaan yang cukup berbahaya dan bisa berdampak pada kematian. Gangguan tersebut sering di sebabkan oleh demam tinggi maupun gejala lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengoleskan minyak kayu putih dan daerah sekitar bibir.

Minyak kayu putih tidak boleh di gunakan oleh wanita hamil maupun bayi karena minyak ini mengandung iritan yang kuat. untuk penggunaan minyak kayu putih harus dengan kondisi encer. Minyak ini juga bisa membantu untuk mengobati penyakit eksim. Anda harus memperhatikan penggunaanya tetap jauh dari mata, hal ini karena minyak memiliki efek panas yang bisa mengkibatkan mata terasa pedih dan bisa menyebabkan iritasi pada mata meskipun hanya beberapa saat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *