Manfaat Mentimun Untuk kesehatan dan Kecantikan

manfaat mentimun untuk kesehatan
Bagi anda yang suka mentimun anda harus mengetahu manfaat mentimun dan kandungan yang ada di dalamnya.
Mentimun atau cucumis sativus L merupakan sayuran yang sering dijadikan lalapan. Kandungan air pada sayuran ini sangat banyak. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin dan bisa menjadi pembersih untuk kulit. Kandungan air dalam mentimun sangat tinggi dan terdapat vitamin A,B,C, magnesium, kalium, mangan, serta siliki. Mentimun termasuk bagian terpenting untuk perawatan kulit dan masker wajah yang mengandung sari mentimun bisa mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun bisa menurunkan tingkat retensi air dan menggurangi pembengkakan disekitar mata.
Berikut manfaat mentimun untuk kesehatan
  • Melawan kanker
Kandungan lariciresino, pinoresinol dan secoisolariciresnol dalam mentimun bisa menurunkan resiko beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, prostat, rahim dan kanker ovarium.
  • Menurunkan kadar gula dalam darah atau Diabetes

Kandungan mineral mangan pada mentimun sangat membantu proses sintesa hormon pada tubuh. Mineral mangan tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah.
  •  Membunuh cacing pita
Biji mentimun sering dijadikan obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Biji mentimun mengandung anti inflamasi yang efektif untuk mengobati pembengkakan selaput lenir di hidung dan tenggorokan.
  • Mengobati Batu Ginjal

Kandungan di dalam mentimun mampu untuk membersihkan batu yang ada di sekitar ginjal. Cucilah mentimun yang masih segar lalu parut dan peras hasil parutan tersebut. Minumlah air mentimun tersebut sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun ini dan air tersebut bisa membersih batu ginjal melalui saluran kemih.

  •  Mengontrol tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi mentimun setiap hari bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi anda, Karenan kandungan kalium magnesium dan serat alami sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Memperlancar Pencernaan
Mentimun memiliki kandungan serat yang terbukti ampuh untuk memperlancar pencernaan. Mengonsumsinya secara teratur bisa membantu masalah pencernaan seperti maag, perut mulas, gastritis atau konstipasi.
  • Menurunkan kadar kolestrol
mengonsumsi mentimun secara rutin mampu menurunkan kadar kolestrol, hal ini terjadi karena kandungan senyawa sterol yang sangat berkhasiat untuk
menurunkan kolestrol jahat yang ada dalam tubuh.
  •  Meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dehidrasi

Kandungan vitamin C pada mentimun berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. kandungan air didalamya juga bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.
  •  Menjaga kesehatan gigi atau gusi
Mentimun memiliki kandungan serat dan bersifat dingin. hal itu membantu untuk mengatasi masalah peradangan termasuk radang gusi. mengonsumsi mentimun secara rutin bisa meningkatkan produksi air liur dan menetralisir rasa asam serta basa didalam ronggo mulut sehigga gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.
  •  Menjaga kesehatan mata
Vitamin A dalam mentimun sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Letakan irisan mentimun pada kelopak mata karena hal itu bisa merelaksasi otot dan saraf mata sehingga mata tidak mudah yang dapat memicu penurunan mata itu sendiri. Mengonsumsi mentimun juga bisa mencegah retensi air yang bisa memicu pembengkakan disekitar mata.
  •  Menjaga kesehatan kulit
Penggunaan masker mentimun pada kulit dipercaya memberikan efek yang sangat baik untuk kulit. kandungan vitamin E dan pottasium dalam biji mentimun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mentimum mampu membuat kulit kencang, mengurangi bintik hitam atau noda pada wajah dan mengurangi garis halus serta keriput pada wajah.
  • Mengatasi Infeksi Saluran Pencernaan

Mentimun di kenal bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Mentimun mengandung enzim inflamasi pro seperti cyclo oxyenase yang berfungsi untuk melawan oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan. 

Itulah manfaat mentimun untuk kesehatan, Jika anda mencoba mengonsumsi mentimun untuk mendapatkan manfaat seperti yang diatas anda disarankan tidak berlebihan karena efek samping pada mentimun jika dipakai secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti kebotakan atau toksisitas yang disebabkan kandungan kimia didalam buah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *