MANFAAT KUNYIT UNTUK SALURAN PENCERNAAN DAN KECANTIKAN

manfaat kunyit untuk saluran pencernaan

Kunyit merupakan bahan rempah rempah yang akan kaya manfaatnya. Apalagi manfaat kunyit untuk saluran pencernaan ini ada banyak Berikut penjelasannya.

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah-rempah dan obat tradisional di wilayah asia tenggara. Bangsa asia hampir semuanya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan serta kecantikan. Kunyit masuk dalam kelompok jahe jahean. Kunyit di kenal di beberapa daerah dengan nama lokal seperti Janar (Banjar), Kunyit (Malaysia dan indonesia), kunir(jawa), turmeric (inggris), kurkuma (belanda), koneng (sunda), konyet (madura).

Kunyit sering di gunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai dan digunakan sebagai warna kuning pada masakan atau sebagai pengawet. Obat yang berbahan kunyit mampu bersaing dengan obat paten untuk peradangan sendi, osteoarthritis yang berbahan aktif natrium deklofenak, proksikam, dan fenil butason dengan harga yang sangat mahal atau dengan suplemen makanan seperti vitamin plus. Obat yang berbahan kunyit memiliki harga yang bisa terjangkau oleh semua orang.

Kunyit memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat obat seperti kurkuminoid, desmetoksikumin, kurkumin, bisdesmetoksikurkumin, dan zat bermanfaat lainnya yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Dalam kunyit juga terdapat lemak sebanyak 1- 3%, protein 30%, karbohidrat 3%, vitamin C 45-55%, pati 8%, zat besi, fosfor dan kalsium.

Kunyit sudah di teliti oleh para ahli memiliki khasiat untuk mencegah kanker, Kunyit memiliki zat yang mampu mengurangi kemungkinan kanker pada tubuh dan mengurangi penyebab kanker yang sudah ada. Tidak hanya untuk mencegah kanker saja, ternyata kunyit juga memiliki manfaat untuk gangguan saluran pencernaan . Jika anda sering mengalami gangguan pencernaan anda bisa mengkonsumsi kunyit sebagai obatnya. Gangguan pencernaan tersebut merupakan infeksi pada saluran pencernaan sehingga perut menjadi sensitif terhadap makanan yang masuk ke dalamnya. Penyebab infeksi saluran pencernaan yaitu karena virus, bakteri dan parasit.

Sebelum mengobati infeksi, ternyata kunyit mampu mengatasi gejala infeksi saluran pencernaannya terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, kunyit juga mampu mengobati gangguan perut dan penyakit lainnya. Berikut ini manfaat kunyit selain mengobati infeksi saluran pencernaan.

1. Mengobati Asam Lambung

Kunyit sudah diteliti mengandung senyawa yang sangat membantu untuk mengobati penyakit asam lambung atau bisa di sebut juga dengan maag. Senyawa ini berguna untuk melindungi dan melapisi dinding lambung dengan cara meningkatkan produksi lendir.

2.  Mengurangi gas pada pencernaan

Buang gas yang berlebihan merupakan pertanda tidak baik pada perut anda. Kunyit ini bisa mengurangi gas pada orang yang tengah menderita gangguan pencernaan, kandungan senyawa pada kunyit berfungsi untuk mengurangi asam pada perut yang berlebihan yang bisa membuat perut menjadi kembung. Anda hanya perlu menuangkan 1 sendok bubuk kunyit ke dalam satu gelas air hangat yang berukuran sedang. Konsumsi secara rutin tiap hari dan tunggu hasilnya selama 2 minggu.

3.  Meredakan Sakit Irritable bawel syndrom (IBS)

Ibs adalah kondisi penyakit yang menyebabkan kontraksi pada usus menjadi tidak normal. Hal itu juga mempengaruhi kerja usus besar di sistem pencernaannya. Untuk itu jika anda sering mengalami gangguan pencernaan anda bisa menggunakan kunyit. Kunyit sudah sering dijadikan obat alami sejak dulu karena mampu mengurangi gerakan otot yang abnormal pada perut. Kandungan vitamin dan mineral sangat mampu meredakan sakit yang mengakibatkan diare jika terjadi kontraksi berlebihan.

4.  Sebagai ramuan anti peradang

Menurut seorang peneliti kunyit memiliki bahan yang alami untuk dijadikan bahan obat. bahan tersebut bisa menjadi obat anti peradangan untuk pencernaan. Penelitian ini sudah terbukti pada 117 orang yang memiliki masalah pencernaan. jika ingin mengkonsumsinya sebagai obat antiperadangan anda bisa menggunakan 1 gram bubuk kunyit selama 8 minggu.

5.  Meredakan diare

Anda bisa meminum teh kunyit untuk meredakan diare karena kandungan magnesium dan kalium didalam kunyit ini sangat membantu untuk melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan pada tubuh yang sudah terkuras akibat diare. Untuk itu jika anda ingin sembuh segeralah mengkonsumsinya.

6.  Mengurangi Mual

Kandungan phytochemical di dalam kunyit bisa menghadirkan anti oksidan pada tubuh yang sangat berfungsi untuk memerangi racun sehingga mual bisa langsung reda atau berhenti. Kondisi ini disebabkan karena stres, dehidrasi atau bahkan infeksi pada pencernaan anda. Maka untuk itu jika anda sering mual yang disebabkan gangguan pada pencernaan anda bisa mengkonsumsi kunyit karena kunyit mampu mengurangi rasa mual pada pencernaan anda.

7.  Mengurangi Jerawat dan bekas luka

Manfaat kunyit yang satu ini pasti sangat disukai oleh wanita manapun karena wanita sering mengalami masalah pada wajahnya. Jika anda sering jerawatan anda bisa menggunakan masker kunyit yang dicampur dengan yogurt. Kandungan zat anti inflamasi pada kunyit dan yogurt bisa membuat jaringan bekas luka jerawat menjadi tenang dan tidak meradang.

8.  Menghaluskan rambut

Untuk anda yang sering melakukan perawatan rambut anda juga bisa melakukan perawatan menggunakan kunyit dan pepaya. kunyit dan pepaya memiliki enzim yang sangat membantu untuk meminimalisir pertumbuhan pada rambut halus dengan memecah folikel yaitu rambut bercabang dan mengandung zat antiinflamasi yang bisa menetralkan peradangan pada efek dari masker pepaya.

9.  Menghilangkan komedo

bagi anda yang sering mengalami masalah karena komedo anda harus segera mencobanya, kunyit ini sangat membantu untuk menghilangkan komedo pada wajah anda. anda hanya perlu menggunakan masker kunyit ini secara rutin.

10. Penghilang Rasa Sakit

Kunyit mempunyai sifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin. Senyawa alami yang di miliki kunyit mampu membantu menghilangkan rasa sakit dan juga melindungi paru paru dengan menekan peradangan bronkus yang bisa menyebabkan penyempitan saluran udara selama terapi jangka pendek.

11. Meredakan Nyeri Haid

Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit bekerja untuk mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel di rahim dan mengurangi produksi hormon yang bisa menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan.

12. Menurunkan Berat Badan

Kandungan kurkumin pada kunyit mempunyai antioksidan yang berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh. Reaksi ini dapat mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah serta kolestrol. Kunyit juga mampu membuat berat badan lebih stabil dan menurunkan resiko obesitas. tubuh akan menjadi lebih fokus untuk menurunkan berat badan dan minimnya reaksi peradangan pada tubuh.

13. Anti Kanker

Kunyit putih mampu menghambat penyebaran kanker dari satu organ tubuh ke organ lainnya. Hal ini sudah terbukti dan sudah di teliti aman untuk di gunakan.

14. Menjadi Obat Alergi Alami

Kunyit putih mengandung senyawa kurkumin yang sangat bermanfaat sebagai anti alergi dan sudah terbukti bisa mengatasi gejala reaksi pada kulit. Kunyit juga bekerja sebagai antihistamin yang mampu menghambat aktivitas protein yang menyebabkan peradangan dan mencencegah pelepasan zat kimia yang memicu reaksi alergi

15. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Minyak esensial dari kunyit putih sudah di teliti dan sudah terbukti bisa di gunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Minyak tersebut sudah di gunakan dalam pengobatan kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, cacingan, perut kembung dan jarang buang air besar. Kunyit putih juga mampu mencegah peradangan usus akibat stres.

16. Penawar Racun

Ekstrak kunyit putih mampu menghambat aktivitas bisa atau racun ular.

Jika anda mengkonsumsi kunyit secara berlebihan maka akan menimbulkan efek samping seperti di bawah ini, di antaranya.

  • Meningkatkan asam lambung
  • mengencerkan darah
  • menaikan tingkat oksalat
  • menggangu pengobatan diabetes
  • Kesehatan rahim beresiko

Maka dari itu jika tidak ingin mengalami efek samping seperti di atas, anda di sarankan untuk tidak mengkonsumsi kunyit secara berlebihan supaya tidak membuat kondisi kesehatan anda semakin menurun. Bagi ibu hamil, jika anda ingin mengkonsumsi kunyit alangkah baiknya terlebih dahulu anda harus berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kesehatan rahim anda aman dan tidak terpengaruh oleh kunyit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *