MANFAAT KUMIS KUCING UNTUK KESEHATAN TERBUKTI AMAN

manfaat kumis kucing untuk kesehatan
Sebelum membahas manfaat kumis kucing, anda harus tahu dulu sejarah dan kandungan apa saja yang ada pada tanaman obat ini.
Kumis kucing merupakan tanaman obat yang sering dijumpai di indonesia. kumis kucing memiliki banyak manfaat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bagian yang sering dimanfaatkan untuk obat yaitu daun yang masih segar atau daun yang mengering.
Kumis kucing sudah diteliti memiliki kandungan beberapa senyawa kimia seperti senyawa turunan terpen, turunan fenolat (flavonoid), garam, minyak atsiri dan Orthosiponin Glycosides. Orthosiponin Glycosides berkhasiat melarutkan asam urat, fosfat dan asam oksalat yang ada pada tubuh terutama kandung kemih empedu dan batu ginjal. Garam kalium dalam kumis kucing memiliki efek diuretik atau peluruh air seni dan pelarut batu di saluran kencing sehingga mencegah terjadinya batu ginjal Serta kandungan flavonoidnya berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi.
Berikut ini manfaat Kumis kucing diantaranya :
  • Mengatasi masalah kandung kemih

Kandungan yang ada dalam kumis kucing ini akan membersihkan dan memperlancar kinerja kandung kemih serta mengatasi kencing batu dan juga infeksi yang terjadi didalamnya.

  • Mengatasi Gula darah atau diabetes

Kumis kucing memiliki manfaat untuk mengatur kadar glukosa di dalam darah sehingga penyakit diabetes bisa lebih dikontrol dengan baik. Hal ini sudah dibuktikan dan sudah diteliti oleh beberapa peneliti.

  • Sebagai Anti bakteri

Beberapa kandungan didalam daun putih sangat berkhasiat untuk mencegah tumbuhnya bakteri sekaligus menghilangkan bakteri yang tersisa didalam tubuh Serta kumis kucing ini memberantas pertumbuhan bakteri dan menyembuhkan luka.

  • Mengobati Ginjal

Kumis kucing merupakan salah satu obat tradisional untuk batu ginjal serta mengobati beberapa masalah pada ginjal seperti infeksi dan lainnya.

  • Menurunkan Berat badan

Kumis kucing sudah diteliti dan terbukti bisa membantu program diet dan lebih cepat membantu kamu untuk mendapat berat badan ideal.

  • Mengatasi asma

Kandungan nutrisi yang ada dalam kumisĀ  kucing sudah terbukti bisa menjadi obat untuk mengatasi asma yang sedah kambuh dan bisa menyembuhkan batu yang kamu derita.

  • Sebagai deteksifikasi hati

Kandungan fenol dan flavonoid didalam kumis kucing sangat membantu untuk detoksifikasi hati. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang alami dan kandungan kalsium, pottasium serta beberapa garam juga membantu kinerja hati menjadi lebih baik.

  • Sebagai anti jamur

Senyawa yang dimiliki kumis kucing sangat membantu untuk pencegahan tumbuhnya jamu dan parasit asing dalam tubuh Serta kandungan tersebut berperan sebagai pemotong mata rantai suplai nutrisi untuk jamur sehingga membuat pertumbuhannya berhenti dan mati.

  • Mengatasi gusi bengkak

Daun kumis kucing sangat membantu untuk mengatasi pembengkakan pada area gusi yang menimbulkan rasa sakit yang mengganggu.

  • Mengobati kencing nanah

kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular yang dialami oleh pria. Penyakit ini sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Kumis kucing bisa menyembuhkan pennyakit ini anda hanya perlu menambahkan daun kembang bugang, pegagan, daun sendok, daun jinten, daun meniran, daun bengang, jari gula serta daun kumis kucing lalu rebus. Minum 3 kali dalam sehari sebanyak 2/3 gelas.

  • Menyembuhkan asam urat dan encok

Enzim yang ada dalam kumis kucing bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat. Enzim flavonoid juga mengurangi rasa sakit yang ditumbulkan saat asam urat sedang kambuh.

  • Mengobati sipilis

Sipilis adalah penyakit kelamin yang terjadi ketika berhubungan seks tidak sehat pada vagina atau penis. Daun kumis kucing ini bisa mengatasi penyakit sipilis yang menular. anda hanya perlu merebus daun kumis kucing menggunakan 2 gelas air. minum ramuan ini 2 kali sehari agar bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

  • Mengobati Sembelit

Salah satu manfaat daun kumis kucing adalah mengatasi sembelit. Sembelit disebabkan oleh buruknya pola makan anda atau kurangnya makanan berserat. Jika anda mengalami sembelit anda bisa mengobatinya dengan meminum air rebusan daun kumis ini.

  • Mengobati gatal karena alergi

Pada sebagian kasus kumis kucing terbukti bisa mengatasi gatal pada seseorang yang terkena alergi. anda cukup menggunakan daun kumis kucing yang dicampur dengan daun meniran, daun sambiloto dan 2 jari temulawak menggunakan 4 gelas. rebus sampai mendidih hingga airnya tersisa 2 gelas minum sebanyak 2 kali sehari.

  • Mengatasi nyeri haid

Daun kumis kucing bisa menghilang nyeri secara alami yang disebabka haid tersebut. anda cukup merebus 2 gengga, daun kumis kucing dan daun urat menggunakan 3 gelas air tunggu sampai mendidih. Minumlah air rebusan daun tersebut sebanyak 2 kali sehari.

  • Mengobati batuk

penyakit batuk ini sering terjadi kepada setiap orang untuk mengatasi penyakit ini anda bisa merebus 20 lembar daun kumis menggunakan 1 gelas air dan minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

  • Mengatasi keputihan

masalah keputihan pada wanita ini sering terjadi. Keputihan disebabkan oleh infeksi jamur serta bakteri dan semakin bertambah parah jika tidak segera ditangani dengan baik dan keputihan merupakan gejala awal terkena kanker serviks. Untuk mengatasi keputihan anda bisa merebus beberapa lembar daun kumis kucing, daun beluntas, 10 biji kemukus serta 1 sendok teh jintan hitam tunggu sampai mendidih. minumlah air rebusan tersebut sebanyak 1 kali sehari.

  • Menyembuhkan masuk angin

daun kumis kucing memiliki manfaat menyembuhkan masuk angin. Penyakit tersebut jangan dianggap remeh karena jika tidak segera ditangani bisa membahayakan tubuh anda. Rebuslah daun kumis kucing dengan 1 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas. minumlah air rebusan tersebut 1 kali sehari sampai penyakit tersebut sembuh.

Itulah beberapa manfaat kumis kucing, tidak hanya sebagai penghias dan tanaman pagar dirumah, daun kucing ini sudah terbukti bisa menyembuhkan berbagai pernyakit. Tanaman ini bisa dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan dan dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *