MANFAAT DAUN ALPUKAT UNTUK KESEHATAN DAN EFEK SAMPINGNYA

manfaat daun alpukat
Daun alpukat sudah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional di indonesia. Tanaman alpukat ini berasal dari meksiko amerika tengah. Masyarakat di indonesia sudah menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal sejak dulu karena daun alpukat ini bisa menyembuhkan beberapa  penyakit.
Daun alpukat memiliki kandungan vitamin A, B, E, flavonoid, serta zat querstin yang merupakan sekelompok senyawa flavonol terbesar. Zat tersebut bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan penyakit degeneratif. Daun alpukat memiliki khasiat menghambat beberapa bakteri seperti  Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Proteus sp, Escherichea sp, dan Bacillus sp. Berikut ini beberapa manfaat daun alpukat diantaranya :
1. Mengobati Batu Ginjal
Daun alpukat memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengeluaran jumlah urin, dosis optimun ekstrak daun alpukat berfungsi untuk mengeluarkan jumlah urin sebanyak 100 mg/kg bb. air rebusan daun alpukat sudah dipercaya sejak dulu bisa mengobati batu ginjal karena didalam daun alpukat mengandung zat alkoloid yang mampu meluruhkan secara bertahap batu ginjal yang ada saat berseni. kandungan tersebut juga mampu meningkatkan kinerja dari ginjal.
2. Meredakan Nyeri Asam Urat
Asam urat terjadi karena adanya penumpukan zat zat racun yang tidak diperlukan, sering kali munculnya rasa nyeri dan pembengkakan akibat tusukan kristal-kristal tajam disekitar sendi. Daun alpukat dipercaya bisa meredakan nyeri asam urat tersebut dengan merebus daun alpukat menggunakan 4 gelas air sampai mendidih. Minumlah secara rutin setiap hari agar asam urat bisa sembuh dalam waktu yang cepat.
3. Menurunkan Hipertensi
Daun alpukat sudah sering digunakan untuk mengobati hipertensi, caranya dengan menggunakan air rebusan daun alpukat tersebut.
4. Menghilangkan Sariawan
Sariawan sangat mengganggu ketika sedang makan atau berbicara. Sariawan berasal dari bakteri atau adanya kerusakan pada bagian rongga mulut. Kandungan polifenol dalam alpukat sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan dalam waktu yang cepat. cara menggunakannya yaitu menggunakan daun alpukat yang agak halus lalu tempelkan pada bagian bibir yang mengalami sariawan. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.
5. Mengobati Infeksi Saluran Kemih
Mengkonsumsi teh dari daun alpukat bisa membantu membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih tersebut secara perlahan dan bisa meredakan rasa sakit akibat infeksi tersebut.
6. Membantu Mencegah Masalah Kejang-Kejang
Masyarakat di afrika sudah menggunakan daun alpukat untuk obat masalah kejang dan epilepsi terutama pada anak-anak. Peneliti sudah menemukan efek ekstrak daun alpukat mampu mencegah gangguan aktivitas neurotransmitter di otak dan menjaga fungsi aktivitas saraf.
7.Menjaga Kesehatan dan Fungsi Organ Pencernaan
Daun alpukat kaya akan serat yang sangat membantu merangsang produksi cairan pencernaan yang menyehatkan, sehingga bisa meningkatkan kinerja organ pencernaan serta bisa mengobati sakit perut termasuk masalah gastritis dan keasaman.
8. Melancarkan Haid
Jika anda mengalami masalah siklus haid tidak teratur anda bisa menggunakan daun alpukat untuk melancarkan haid. Konsumsilah air rebusan daun alpukat secara rutin agar siklus haid anda menjadi normal kembali.
9. Mengatasi Konstipasi dan Rasa Nyaman di Perut
Kombinasi madu dan daun alpukat bisa membuat kaya akan kandungan serat dan antioksidan. Manfaat kombinasi tersebut bisa melembutkan tinja dan melumasi usus tubuh. Hal ini menyebabkan fases lebih mudah dikeluarkan sehingga mengurangi resiko terkena sembelit.
10. Untuk Kesehatan Lambung
Air rebusan daun alpukat memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan lambung dan juga mencegah terjadinya luka pada lambung serta iritasi pada lambung. Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun alpukat untuk mengurangi resiko kerusakan lambung,iritasi dan luka pada lambung.
11. Meredakan nyeri sakit pinggang
Sakit pinggang sangatlah mengganggu apalagi ketika melakukan aktivitas sehari hari. Didalam daun alpukat mengandung senyawa pinene yang bisa menurunkan gejala rasa sakit disemua bagian tubuh terutama masalah nyering punggung. anda bisa mengonsumsi air rebusan daun alpukat sebanyak 1 gelas setiap hari secara rutin agar pinggang anda cepat sembuh.
13. Mencegah Resiko Stress
Daun alpukat memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah dan menghambat perkembangan stress yang berkaitan dengan penyakit. Daun alpukat juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak serta menghambat pelepasan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon tersebut adalah hormon yang bisa memicu timbulnya stress dan rasa tidak nyaman dalam diri. Konsumsilah teh daun alpukat
setiap hari agar lebih terhindar dari stress.
14. Mengobati Sakit Kepala
Teh dari daun alpukat sangat kaya akan kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa memperbaiki dan memaksimalkan aliran oksigen ke daerah kepala. Dengan mengkonsumsi teh setiap hari dipercaya mampu membuat aliran oksigen yang lancar ke organ otak atau kepala dan mencegah munculnya sakit kepala serta mengurangi sinusitis, migran dan lain lain.
13. Mengurangi dan Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi sangat mengganggu dan membuat seseorang tidak nyaman dalam mengunyah makanan. ada cara alami untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan meminum teh daun alpukat, Karena daun alpukat mampu mengurangi peradangan pada gusi dan meredakan nyeri pada gigi.
Menurut penelitian menyebutkan bahwa jenis tanaman alpukat memiliki efek toksik atau racun didalamnya meskiput tanaman tersebut dinyatakan aman. Kandungan racun tersebut bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Maka dari itu mulai sekarang anda harus memperhatikan dosis yang diperbolehkan untuk mengonsumsinya agar tidak menimbulkan efek racun pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *