MANFAAT BUAH MAHKOTA DEWA UNTUK KESEHATAN

manfaat mahkota dewa

Manfaat buah mahkota dewa sangatlah banyak, Sebelum kita membahas manfaatnya alangkah baiknya anda mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam buah ini.

Buah mahkota dewa merupakan tanaman asli dari indonesia. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung polifenol, zat flavonoid, zat alkaloid, zat saponin dan anti oksidan.

Saat ini, banyak orang yang belum mengetahui manfaat mahkota dewa bagi kesehatan. Bahkan masyarakat belum mau memanfaatkan mahkota dewa sebagai tanaman obat karena racunnya tinggi. Agar tidak teracuni, anda jangan menggunakan biji mahkota sebagai obat, Karena bagian biji inilah yang memiliki racun. Berikut ini manfaat buah mahkota dewa diantaranya :

1. Mengobati Tumor

Mahkota dewa memiliki kandungan anti oksidan ang sama baiknya dengan kulit manggis, Jika anda mempunyai tumor yang tidak normal dalam tubuh anda bisa mengatasinya dengan buah mahkota dewa, hal ini sudah terbukti dan sudah teruji aman. anda hanya perlu menggunakan kulit buahnya saja.

2. Menurunkan Gula Darah

Manfaat lain mahkota dewa yaitu menurunkan kadar gula darah, Hal ini terjadi karena di dalam mahkota dewa terdapat kandungan saponin yang berfungsi untuk menurunkan gula darah.

Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan darah yaitu :

  1. Siapkan 5 buah mahkota dewa, iris tipis-tipis.
  2. Air bersih sebanyak 5 gelas.
  3. Rebus mahkota dewa bersama air dan sisakan sampai setengahnya.
  4. Minum tiga kali sehari.

3. Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Zat flavonoid didalam mahkota dewa sudah diteliti mampu memperlancar aliran darah di pembuluh darah, jika aliran darah menuju ke jantung lancar maka kinerja jantung bisa menjadi lebih baik lagi dan mencegah penyakit jantung koroner yang disebabkan aliran darah menuju ke jantung tersumbat.

4. Menangkal radikal bebas

Kandungan zat antioksidan yang dimiliki mahkota dewa berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh.

5. Mengobati Flu dan Batuk

Flu dan batuk disebabkan oleh virus, untuk itu anda bisa mengonsumsi mahkota dewa untuk mengusir virus tersebut. Sebab kandungan mahkota dewa memiliki sifat antivirus yang bisa mengobati flu dan batu pada tubuh.

6. Mengobati Gatal-Gatal

Kandungan polifenol yang dimiliki mahkota dewa sangat bermanfaat untuk mengobati gatal gatal. Cara mengobati gatal gatal menggunakan mahkota dewa yaitu :

  1. Daun mahkota dewa.
  2. Giling atau tumbuk daun mahkota dewa tersebut.
  3. Tempelkan gilingan daun mahkota dewa yang telah halus ke bagian yang gatal.
  4. Penggantian dilakukan sebanyak tiga kali sehari.

7. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker Dan Tumor

Mahkota dewa memiliki kandungan antioksidanĀ  yang sangat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan sel tumor di dalam tubuh.

8. Mengobati Asam Urat

 

Zat flavonoid yang ada di dalam mahkota dewa terbukti bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi menjadi normal kembali. Tidak hanya menurunkan kadar asam urat, tetapi mahkota dewa juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dan menghilangkan penyakit ini. anda juga bisa mencoba obat tradisional asam urat lainnya jika buah mahkota dewa tidak cocok untuk di konsumsi.

9. Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Disentri bisa disembuhkan dengan mahkota dewa, karena di dalam buah tersebut terdapat kandungan zat saponin yang bersifat anti bakteri. Cara mengobati disentri menggunakan mahkota dewa yaitu :

  1. Siapkan kulit buah mahkota dewa kering sebanyak 6 gram.
  2. Siapkan air bersih 5 gelas.
  3. Rebus buah mahkota dewa menggunakan air. Biarkan sampai mendidih dan sisakan setengahnya.
  4. Minum sebanyak tiga kali sehari.

10. Menurunkan Kolestrol

Kolestrol yang tinggi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit komplikasi yang membahayakan tubuh dan nyawa anda, untuk menurunkan kolestrol tinggi anda bisa menggunakan mahkota dewa. Kandungan zat flavonoid yang dimiliki mahkota dewa sudah teruji bisa menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

11. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Jika metabolisme anda buruk, maka banyak kemungkinan tubuh anda akan mengalami berbagai macam gangguan. Salah satu gangguan tersebut yaitu penurunan kognitif yang ada pada tubuh. Agar tubuh tetap fit dan tidak terjadi penurunan metabolisme anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi mahkota dewa, karena kandungan zat flavonoid didalamnya sudah dipercaya bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

12. Mengurangi Timbunan Lemak di Pembuluh Darah

Timbunan lemak merupakan penyebab terjadinya pembuluh darah menyempit dan tersumbat. Untuk mengurangi timbunan tersebut anda bisa menggunakan mahkota dewa, karena didalamnya ada kandungan zat flavonoid yang mampu mengurangi timbunan lemak.

13. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan zat saponin pada mahkota dewa sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, karena jika sistem imun meningkat maka tubuh tidak akan mudah terkena berbagai macam penyakit.

14. Anti Peradangan

Kandungan zat flavonoid didalam mahkota dewa sangat bermanfaat sebagai anti peradangan, jika anda sering mengonsumsi air rebusan mahkota dewa secara rutin maka tubuh anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh inflamasi.

15. Menjaga dan Meningkatkan Vitalis

Manfaat mahkota dewa yang satu ini hanya untuk pria, Kandungan saponin di dalamnya sudah terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan vitalis bagi pria. Anda hanya perlu meminum air rebusan buah mahkota dewa kering dan minum satu jam sebelum berhubungan seksual dengan istri.

16. Mengobati Kista Bartholin

Mahkota dewa memiliki kandungan zat sedaktif yang alami berupa alkoloid, polifenol dan saponin yang bisa menjadi anti bakteri. Mahkota dewa mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta vitalis. Sifat flavonoid yang di milikinya mampu mengurangi rasa sakit pada pembengkakan dan mampu mengobati kista bartholin.

Itulah beberapa manfaat buah mahkota dewa yang paling umum dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari hari, Ada baiknya sebelum anda mengonsumsi buah tersebut anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu penyakit yang di derita anda sebelum anda menggunakan obat herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *