MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN MENURUT PENELITI

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Bagi anda yang ingin mengetahui manfaat bawang putih, alangkah baiknya anda mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam bawang putih ini.

Bawang putih merupakan bumbu masakan yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Bawang putih memiliki kandungan zat allin dan allicin yang berfungsi sebagai senyawa sulfur untuk menunjang kesehatan tubuh. Manfaat zat allicin sudah diteliti mampu mencegah dan mengobati penyakit kronis yang mematikan.

Manfaat bawang putih tidak hanya sebagai pelengkap bumbu masakan, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut ini beberapa manfaat bawang putih diantaranya :

  • Menurunkan resiko kanker

Menurut penelitian cancer institute di amerika serikat bahwa  kandungan senyawa sulfur bioaktif pada bawang ini bisa mencegah pembentukan sel kanker. Hal ini karena sulfur tersebut berfungsi untuk memperbaiki dan membunuh sel yang rusak, menghambat penyeberan sel yang tidak sehat serta melindungi tubuh dari zat karsinogen.

  • Sebagan bahan dasar obat

Zat allicin pada bawang putih ini berfungsi sebagai anti bakteri dan salah satu komponen biologis yang aktif dan paling esensial. Zat allicin tersebut sudah terbukti memiliki efek untuk penanggulangan berbagai masalah kesehatan. Zat tersebut juga bisa menurunkan berat badan, mencegah penyakit hipertensi, dan mengencerkan darah.

  • Mencegah penyakit jantung

Bawang putih mentah sudah diteliti bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner. mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin sangat membantu untuk mencegah pembentukan plak yang ada di arteri koroner dan bisa  mencegah berbagai jenis gangguan pada jantung dan sistem metabolismenya.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Sejumlah riset telah membuktikan bahwa bawang putih secara efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Menurunkan kadar kolestrol

Menurut penelitian bahwa mengkonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama 2 bulan bisa menurunkan kadar kolestrol yang cukup banyak dan mampu meningkatkan kadar kolestrol baik sekaligus menurunkan kadar kolestrol jahat pada tubuh.

  • Sebagai Antivirus dan Antioksidan yang baik untuk tubuh

Zat anti bakteri dan virus pada bawang ini mampu mencegah perkembangan jamur, akteri dan virus cacing.

  • Meredakan infeksi, radang dan pilek.

Bawang putih kaya akan zat allicin yang mampu meredakan berbagai penyakit. Senyawa aktif allicin berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, dan antijamur yang bisa membunuh berbagai organisme yang menyebabkan penyakit ini. Jika dalam musim flu bawang putih yang mentah bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah penyakit tersebut.

  • Membantu menurunkan berat badan

Kandungan zat anti inflamasi pada bawang ini berfungsi sebagai pengatur sel lemak pada tubuh. Jika lemak menumpuk secara terus menerus maka akan menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Dalam bawang putih juga mengandung zat vinylidithin yang menghambat proses inflamasi dan mencegah penumpukan lemak pada tubuh.

  • Membantu menyembuhkan penyakit kulit

Bawang putih memiliki manfaat untuk mengurangi efek iritasi pada kulit. Hal ini terjadi karena bawang putih memiliki sifat anti radang. anti radang tersebut membantu untuk mengobati penyakit kulit seperti kurap, gatal gatal karena alergi dan lain sebagainya.

  • Mengatasi rambut rontok

Bawang putih memiliki manfaat untuk memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut dikulit kepala, hal ini disebabkan oleh senyawa allicin yang cukup tinggi di dalamnya.

  • Membuat Darah Lancar

Sifat pembersih yang dimiliki bawang putih berfungsi untuk membersihkan arteri dan vena. Bawang putih mampu mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu bawang putih meningkatkan produksi oksida nitrat yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.

  • Membantu menghilangkan jerawat

Kandungan zat anti oksidan pada bawang putih sangat ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

  • Menguatkan Tulang

Bawang putih sudah diteliti bisa meminimalkan pengeroposan tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita. Sebuah studi menjelaskan pada wanita yang menopause bahwa dosis harian dari ekstrak bawang putih secara signifikan bisa menurunkan penanda defisiensi estrogen.

  • Menjaga kesehatan Otak

Kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia tersebut bisa mencegah penumpukan plak dan zat yang berbahaya pada sistem saraf.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan anda. Jangan mengonsumsi berlebihan agar kondisi kesehatan anda tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *