MAKANAN UNTUK PENDERITA INFEKSI SALURAN PENCERNAAN MENURUT DOKTER

Ada beberapa makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang sangat disarankan oleh dokter, Sebelum mengetahui makanan tersebut simak terlebih dahulu penjelasan ini.

Infeksi saluran pencernaan merupakan kondisi yang di tandai dengan peradangan pada saluran pencernaan yang melibatkan organ didalamya. Peradangan tersebut mengakibatkan diare, muntah dan sakit serta kejang perut. Pada kasus anak anak infeksi di sebabkan oleh rotavirus sedangkan pada orang dewasa di sebabkan norovirus dan campyblobakteri. Penyebab lain yang jarang di temukan pada infeksi saluran pencernaan yaitu racun bakteri dan parasit. infeksi yang terjadi karena parasit disebabkan oleh penularan pada makanan yang dimasak secara tidak benar atau anda menggunakan air yang sudah terkontaminasi melalui persinggungan langsung dengan orang yang terinfeksi parasit tersebut. Gejala Infeksi saluran pencernaan memiliki ciri ciri awal seperti Dehidrasi, Diare disertai dengan darah, Mual, Muntah, Nyeri otot dan Demam.  Penyebab infeksi saluran pencernaan tersebut di sebabkan oleh beberapa virus yang menyerang ke dalam tubuh.

Makanan Sehat Untuk Penderita Infeksi Pencernaan

Makanan merupakan hal penting bagi manusia, manusia membutuhkan asupan gizi yang baik dan cukup untuk tubuh. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan hindari tentang makanan yang bisa menyebabkan infeksi pencernaan. Sebaiknya anda harus memakan makanan yang bergizi yang bisa memperbaiki dan menyembuhkan infeksi secara alami. Berikut ini daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita infeksi saluran pencernaan.

  • Nasi

Nasi yang diolah menjadi bubur ini sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita infeksi gangguan pencernaan, nasi mengandung karbohidrat yang mampu membuat lapisan pada lambung yang teriritasi menjadi lebih baik dan mengurangi rasa sakit infeksi tersebut serta menyembuhkan infeksi secara perlahan dengan alami.

  • Saus Apel

makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan

Kandungan yang ada di dalam apel membantu mencegah terjadinya infeksi yang bisa mengakibatkan kondisi kesehatan anda semakin memburuk. untuk itu jika anda ingin terhindari dari dampak buruk infeksi saluran pencernaan anda sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi apel. Apel menyediakan kalori yang cukup baik dan serat yang sangat baik untuk penderita infeksi saluran pencernaan.

Cara membuat saus apel yaitu :

Bahan – Bahan

  1. Siapkan 4 apel berukuran sedang dan 6 apel berukuran kecil
  2. Air
  3. Sari perasan lemon
  4. Garam
  5. Gula

Cara membuatnya

  1. Kupas dan buang bagian tengah apel
  2. Potong apel menjadi dadu
  3. Masukan apel ke dalam panci besar dan tambahkan air secukupnya
  4. Tambahkan air sari lemon dan garam sekitar 2 sendok
  5. Masak apel menggunakan api besar sampai mendidih
  6. Ketika sudah di masak anda haluskan apel dengan blender sampai saus apel menjadi lembut
  7. Biarkan sampai dingin
  8. Tambahkan gula atau kayu manis jika anda suka
  • Pisang

Pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi karena pisang memiliki kandungan kalium yang bersifat menenangkan secara alami serta diyakini bisa mengatasi dehidrasi dan kondisi muntah muntah.

  • Kentang

Kentang memiliki kandungan karbohidrat sehingga mampu menggantikan nasi. Untuk anda yang menderita pencernaan dan bosan dengan nasi, anda bisa mengkonsumsi kentang sebagai gantinya.

  • Teh

Teh sangat aman untuk penderita infeksi saluran pencernaan, bahkan teh sangat direkomendasikan oleh dokter. teh berfungsi untuk menetralkan lambung dan bisa membantu dalam mengurangi gas yang berlebihan pada perut serta mengempiskan perut kembung.

  • Ubi Jalar

Kandungan dalam ubi jalar mampu membantu usus untuk berfungsi normal kembali setelah sakit yang di sebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Anda di sarankan untuk tidak mengkonsumsi ubi jalar dalam jumlah yang berlebihan supaya tidak membahayakan kondisi infeksi yang sudah sembuh sebelumnya.

  • Biji Bijian

Biji-bijian atau kacang kacangan mengandung protein nabati yang sangat mudah dicerna dan bisa membersihkan usus dari endapan zat makanan yang tersisa.

  • Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan ion yang sangat di perlukan untuk tubuh. Air kelapa mempunyai kemampuan untuk menangkal racun yang masuk kedalam saluran pencernaan dan bisa membasmi bakteri atau virus yang ada dalam tubuh.

  • Air Lemon

Air lemon sangat baik untuk anda yang tengah menderita infeksi saluran pencernaan. Lemon memiliki kandungan vitami C yang bisa meningkatkan imunitas pada tubuh dan bisa mengatasi dehidrasi. Tidak hanya itu saja, meskipun lemon memiliki rasa asam tetapi lemon juga mampu menyembuhkan infeksi saluran pencernaan dan memulihkan infeksi tersebut. Berikut cara membuatnya.

Bahan-Bahan

  1. 5 buah jeruk lemon
  2. Air matang secukupnya
  3. 35 ml gula yang sudah di cairkan
  4. Susu putih kental manis 1 sachet

Cara membuatnya

  1. Ambil buah jeruk lemon lalu potong menjadi 2 bagian
  2. Tancapkan jeruk lemon kedalam alat peras sampai kandung air dalam lemon habis
  3. Saring air lemonnya dengan bersih
  4. Masukan ke wadah dan berikan gula batu, susu putih, dan air matang lalu campurkan secara rata
  5. Tuangkan air tersebut kedalam gelas
  6. Jus lemon siap di nikmati
  • Sayuran

Sayuran seperti brokoli, kol, Lobak, Tomat, dan wortel sangat kaya akan kandungan vitamin C dan airnya yang tinggi. Sayuran sayuran tersebut sangat baik untuk kesehatan dan bisa memulihkan infeksi saluran pencernaan yang diderita anda.

  • Sup

Sup yang memiliki sedikit garam di dalamnya bisa mengatasi cairan dehidrasi, sup tidak memiliki lemak yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk anda yang menderita infeksi saluran pencernaan.

  • Roti Panggang

Roti panggang sangat cocok untuk anda konsumsi karena roti panggang mencukupi kebutuhan gizi pada tubuh. Jadi bagi anda yang sedang menderita infeksi pencernaan anda bisa mengonsumsinya.

  • Teh Jahe

Jahe memiliki rasa yang menenangkan untuk tubuh, Jahe dapat mengatasi rasa mual dan muntah akibat infeksi saluran pencernaan anda. Jahe juga sering menjadi bahan obat untuk berbagai penyakit.
Cara membuat teh jahe yaitu

  1. Cucilah jahe dan gosok kulitnya hingga benar-benar bersih.
  2. Kupaslah kulit jahe dan iris tipis-tipis secara melintang. Berhati-hatilah saat memotong jahe. Sebenarnya jahe tidak perlu dikupas jika Anda mencucinya dengan baik.
  3. Panaskan air sampai mendidih
  4. Masukan irisan jahe ke dalam air yang sudah mendidih tersebut
  5. tunggu selama 15-20 menit
  6. Setelah mendidih diamkan air tersebut selama 5 menit
  7. Saring teh tersebut lalu tuangkan ke dalam gelas
  8. Anda bisa menggunakan pemanis seperti madu atau rasa lainnya sesuai selera anda
  • Minuman dan Makanan Probiotik

Minuman dan makanan seperti Yakult, yogurt, tempe, kimci, oncom dan kefir bisa melawan bakteri yang ada pada tubuh. Meskipun minuman ini sudah di fermentesi dan rasanya asam minuman serta makanan tersebut mengandung banyak bakteri yang sangat baik. sehingga untuk anda yang menderita infeksi saluran pencernaan bisa mengkonsumsinya.

  • Jamu Kunyit

Kunyit sering di jadikan bahan obat untuk berbagai penyakit termasuk penyakit kronis. Kunyit memiliki kandungan antiinflamsi yang bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti mengobati asam lambung, mengurangi gas pada pencernaan, meredakan sakit irritable bawel syndrom pada usus dan lain sebagainya. Cara membuat jamu kunyit yaitu :

Bahan-Bahan

  1. Siapkan 4 gelas air
  2. 1 Sendok teh kunyit bubuk atau parutan kunyit
  3. Lemon atau madu

Cara membuat jamu kunyit

  1. Rebuslah 4 gelas air sampai mendidih
  2. Masukan 1 sendok kunyit kedalam air mendidih
  3. Kecilkan api dan biarkan air yang sudah di campur kunyit selama 10 menit
  4. Matikan api dan saring air kunyit tersebut menggunakan saringan yang halus
  5. Tuangkan hasil saringan tersebut kedalam gelas dan tambahkan lemon atau madu.

Itulah makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan yang sering di rekomendasikan dokter. Anda bisa mengatasi gejala infeksi tersebut dengan menggunakan obat tradisional infeksi saluran pencernaan dan anda juga bisa mencegah gangguan pencernaan dengan cara menjaga kesehatan serta menjauhi pantangan infeksi saluran pencernaan yang bisa membuat kondisi anda menjadi lebih bahaya. Anda juga harus menjaga kebersihan supaya virus tidak masuk ke dalam tubuh anda dan makan yang teratur agar imunitas dalam tubuh menjadi meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *