GEJALA INFEKSI SALURAN PENCERNAAN MENURUT DOKTER

gejala infeksi saluran pencernaan

Artikel ini akan membahas tentang gejala infeksi saluran pencernaan menurut para dokter, Untuk itu bagi anda yang belum tahu perhatikan penjelasan berikut ini.

Infeksi saluran pencernaan ini disebabkan oleh beberapa virus dan bakteri. Infeksi ini mudah menyebar hanya melalui kontak jarak dekat dengan orang yang sudah terinfeksi. Bisa juga melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi virus. Infeksi saluran pencernaan ini bisa menyerang siapa saja apalagi jika anda seorang yang sering minum alkohol, memiliki kecemasan atau depresi, menggunakan aspirin dan penghilang rasa sakit yang bisa mengiritasi lambung dan jika kondisi yang bisa membuat kelainan pada saluran pencernaan anda.

Gejala Infeksi Saluran Pencernaan

Gejala ini sering muncul antara 1-3 hari setelah terinfeksi, Dan keparahannyapun ada beberapa tingkat. Mulai dari ringan hingga parah. Pada umumnya gejala akan berlangsung selama 1-2 hari bisa juga sampai 10 hari. Gejala-gejala yang muncul seperti :

  1. Mual dan muntah
  2. Nafsu makan menurun
  3. Sering berkeringat dan kulit menjadi lembap
  4. Muncul demam, sakit kepala dan sakit otot.
  5. Berat badan mendadak menurun
  6. Diare berair
  7. Sakit dan kram perut

Gejala paling parah yaitu :

  1. Buang air besar disertai darah
  2. Demam diatas 40 derajat celcius
  3. Muntah darah
  4. muntah setelah minum
  5. muntah muntah berlangsung lebih dari 48 jam
  6. Mengalami gejala dehidrasi

Adapun gejala pada bayi yaitu :

  1. Mengalami dehidrasi
  2. Demam
  3. Diare disertai darah
  4. Lesu
  5. Merasa kesakitan dan tidak nyaman

Ciri-Ciri infeksi saluran pencernaan pada bayi dan pada anak anak yang harus anda ketahui yaitu :

  1. Perut mengalami Kram
  2. Diare yang bercampur darah
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Anak atau bayi terlihat lesu
  6. Demam tinggi
  7. Menjadi lebih rewel
  8. Sering nangis karena adanya rasa kesakitan yang tidak nyaman
  9. Dehidrasi

Jika anak dan bayi mengalami salah satu gejala seperti yang di atas, anda harus segera membawanya ke dokter supaya dokter bisa cepat menangani gejala tersebut lebih awal sehingga tidak menyebar dan tidak membahayakan kondisi kesehatan anda.

Penyebab Infeksi Saluran Pencernaan 

 

Penyebab infeksi saluran pencernaan paling umum yaitu virus, Berikut ini dua jenis virus yang sering menyebabkan infeksi saluran pencernaan

  • Rotavirus

Virus ini sering menular melalui mulut dan lebih mudah menyerang pada bayi dan anak-anak. Bayi dan anak anak sering memasukan jari atau benda yang sudah terkontaminasi virus ke dalam mulut. Orang dewasa yang terkena virus ini kemungkinan tidak merasakan gejala apapun tetapi mereka tetap bisa menularkannya pada ana-anak kecil maupun pada bayi.

  • Norovirus

Virus ini sangat mudah menular dan bisa menyerang siapapun baik orang dewasa maupun anak anak. Virus ini kebanyak terjadi pada kasus keracunan makanan. Penyebaran virus ini biasanya pada beberapa tempat seperti ruang kelas, asrama, kampus, tempat perawatan anak-anak dan tempat perawatan umum. Virus ini bisa menyebar lewat kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi.

Berikut ini beberapa kelompok yang memiliki resiko tinggi terkena infeksi saluran pencernaan, diantaranya :

  1. Anak sekolah yang tinggal di asrama, Kemungkinan besar infeksi ini terjadi karena parasit yang menular dengan mudah di tempat yang banyak orang berkumpul dengan jarak dekat.
  2. Anak kecil, Anak anak seperti balita sangat mudah terserang infeksi yang di sebabkan oleh virus. Hal ini terjadi karena sistem kekebaln tubuh pada anak anak yang belum kuat.
  3. Orang lanjut usia, Sistem kekebalan tubuh pada orang tua akan menurun dan infeksi dengan mudah bisa menular ke orang tua yang sudah lanjut usia apalagi jika mereka yang menderita tinggalnya berdekatan dengan orang yang berpotensi menyebarkan kuman.
  4. Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, Orang dengan kondisi tersebut seperti HIV dan menjalani kemoterapi lebih beresiko tertular infeksi karena kekebalan tubuh mereka sangat mudah di serang oleh virus dan bakteri.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Pencernaan

Pengobatan infeksi saluran pencernaan tujuan utamanya yaitu mencegah terjadinya dehidrasi. Maka dari itu penderita yang mengalami infeksi ini di anjurkan untuk banyak minum air putih minimal 8 – 10 gelas perhari.
Obat Oralit bisa membantu dehidrasi karena obat ini mengandung elektrolit dan mineral yang sangat di perlukan oleh tubuh. Anda bisa membeli obat oralit di apotik, tetapi anda perlu berkonsultasi kepada dokter atau apoteker untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas obat oralit tersebut. Untuk membantu meringankan gejala infeksi, alangkah baiknya anda melakukan beberapa tips ini di rumah :

  1. upayakan slalu meminum lebih banyak air putih
  2. Konsumsilah makanan dan minuman sehat untuk infeksi saluran pencernaan
  3. Lebih banyak istirahat
  4. Konsumsilah minuman berenergi
  5. Hindari ice cream dan minuman bersoda

Jika penyaki infeksi saluran pencernaan terjadi pada anak anak, maka harus di tangani sedini mungkin supaya penyakit ini tidak beresiko pada kematian. Gejala yang harus di waspadai yaitu

  1. anak mudah mengantuk
  2. bibir dan mulut menjadi kering
  3. Tangan dan kaki terasa dingin

Jika hal itu terjadi bergegaslah untuk ke rumah sakit supaya mendapat penanganan yang terbaik sehingga tidak meningkatkan resiko yang membahayakan nyawa anda. Dokter akan memberikan asupan cairan kepada anak dengan Nasograstic atau tabung NG yang merupakan alat berupa tabung yang di masukan melalui hidung menuju perut untuk asupan cairan.

Tips Mencegah Infeksi Saluran Pencernaan

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah infeksi saluran pencernaan dinantaranya :

  1. Mencuci Tangan, Cucilah seluruh tangan hingga bersih menggunakan sabuk dan gosok gosok tangan sekitar 20 detik lalu bilas menggunakan air yang bersih. Jika tidak ada sabun dan air, anda bisa menggunakan tisu pembersih atau cairang pembersih tangan tanpa di bilas.
  2. Menjaga Jarak, Usahakan menjaga jarak dengan orang yang sudah terinfeksi penyakit ini dan jangan menyentuh barang barang yang sudah terinfeksi virusnya.
  3. Selalu memakai peralatan pribadi, Anda di sarankan untuk sering memakai alat makan dan minum sendiri. Hindari memakai alat makan secara bergantian dengan orang lain.
  4. Membersihkan barang-barang, Menjaga kebersihan sangatlah penting. Jika lingkungan dan barang barang bersih maka tidak akan ada virus atau bakteri yang bisa menyebabkan infeksi tersebut.
  5. Vaksin rotavirus, Vaksin ini untuk mencegah diare karena virus. Di indonesia ada dua jenis vaksin, yang pertama vaksin rotateq dan yang kedua vaksi rotarix. Vaksin tersebut di berikan sebanyak 3 dosis saat bayi berusia 6-14 minggu, 4-8 minggu saat usia 8 bulan. Sedangkan vaksi rotarix di berikan 2 dosis pada bayi usia 10 dan 14 minggu atau genap berumur 6 bulan.

Berikut ini beberapa hal yang harus di hindari

  1. Hindari mengkonsumsi makanan mentah
  2. Jangan mengkonsumsi daging yang belum matang
  3. Belilah air minum dalam kemasan untuk menghindari air terkontaminasi virus
  4. Hindari es batu yang kebersihan tidak terjamin
  5. Jauhi pantangan makanan untuk penderita infeksi saluran pencernaan

Itulah beberapa gejala infeksi saluran pencernaan, jika anda mengalami salah satu gejala tersebut anda harus segera pergi ke dokter supaya mendapat penanganan yang lebih cepat sehingga kondisi kesehatan anda tidak akan memburuk. Bagi anda yang sudah menderita penyakit ini apalagi sampai akut, mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat supaya virus yang ada di tubuh anda tidak bertambah buruk dan anda harus mengkonsusi makanan sehat untuk infeksi saluran pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *