DAMPAK USUS BUNTU PECAH YANG HARUS DIKETEHUI PENDERITANYA

dampak usus buntu pecah

Usus buntu yang pecah memiliki resiko yang sangat membahayakan untuk kesehatan dan nyawa anda. Dampak usus buntu pecah terjadi karena beberapa hal. Berikut penjelasannya

Usus Buntu pecah merupakan suatu kantong yang terhubung pada usus penyerapan serta bagian kolon menanjang dari usus besar. Usus buntu memiliki nama latin yaitu Appendix Vermiformis. Pada awalnya usus buntu di anggap sebagai organ tamban pada tubuh yang tidak memiliki fungsi apapun, tapi menurut beberapa penelitian menjelaskan bahwa usus buntu memiliki fungsi sebagai organ imunologik yang secara aktif berperan dalam kekebalan tubuh dan memiliki kelenjar limfoid didalamnya.
Appendicitis merupakan penyakit yang sering menyerang usus buntu, penyakit tersebut terjadi karena usus mengalami peradangan yang membuatnya mudah pecah dan termasuk kondisi yang serius. Jika usus buntu mulai membengkak dan pecah maka dokter akan menyarankan untuk operasi karena agar usus yang pecah diangkat dan nanah yang di timbulkan usus pecah tersebut akan di bersihkan. Meskipun usus buntu sudah di angkat penyakit tersebut akan memicu komplikasi yang serius. Pada umumnya penyakit usus buntu sering menyerang pada orang yang berusia 10-30 tahun. Penyebab usus buntu pecah paling utama yaitu karena adanya sumbatan pada usus buntu.

Gejala penyakit usus buntu

  1. Sakit perut dibagian tengah
  2. Perut terasanya nyeri saat ditekan
  3. Kehilangan Nafsu makan
  4. Demam
  5. Konstipasi atau Diare
  6. Mual
  7. Muntah
  8. Tidak dapat buang gas
  9. Perut kembung
  10. Merasa sakit ketika buang air kecil

Ciri-Ciri Usus Buntu Pecah

Jika keadaannya semakin parah dan tidak membutuhkan waktu yang lama kemungkinan usus buntu anda telah pecah, Berikut ciri-ciri usus buntu pecah yang sering di alami pasien.

  • Mengalami Demam dan Nafsu makan berkurang

Hal ini terjadi karena virus makanan untuk iritasi usus demam menyerang pada kekebalan tubuh. Penyebaran virus dan bakteri semakin menyebar ke seluruh tubuh . Nafsu makan menjadi berkurang sebab terjadinya peradangan pada dinding usus dan hampir menipis. Setiap makanan yang masuk tidak bisa tercerna dengan baik.

  • Perut Membengkak

Perut yang membengkak sering terjadi dibagian perut sebelah kanan dan disertai rasa nyeri. Hal ini terjadi karena letak umbai cacing berada di bawah kanan perut. Jika tidak diobati maka akan menimbulkan efek rasa sakit yang semakin hebat dan jika adanya serangan virus maka hal itu bisa membuat luka pada appendix anda menjadi serius dan ketika perut anda sudah kembung seperti ini sebaiknya anda segera periksa ke dokter.

  • Kesakitan Saat BAB karena Iritasi Saluran Cerna

Penderita usus buntu yang akan pecah akan mengalami kesulitan ketika harus BAB. Hal itu akan menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat ketika BAB. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan usus busuk di area usus itu sendiri, Peradangan terjadi disekitar anus hingga usus besar.

Apa Dampak Jika Usus Buntu Pecah?

Usus buntu pecah terjadi karena mengalami kebocoran setelah 24 jam pertama. Hal ini terjadi karena beberapa gejala awal yang mungkin anda sepelekan. Ketika usus buntu tidak segera diobati maka resikonya akan pecah dan resiko tersebut meningkat setelah 48 jam hingga 72 jam setelah gejalanya muncul. Proses pecahnya usus tidak memerlukan waktu lama, hal itu bisa menyebabkan organ lainnya rusak.

BAHAYA USUS BUNTU PECAH

Dampak usus buntu pecah bisa membahayakan kesehatan dan nyawa anda. Untuk itu jika anda tidak ingin merasakan bahaya penyakit ini mulailah untuk menghindari makanan yang menjadi pantangan usus buntu dan ikuti cara mencegah penyakit usus buntu supaya anda dapat terhindar dan tidak akan merasakan bahayanya. Berikut ini bahaya jika usus buntu pecah.

pertama yaitu Bakteri bisa masuk ke dalam darah, Usus yang pecah maka akan berisi bakteri dan nanah sehingga menyebar ke bagian tubuh lainnya dan menyebabkan septicemia. Seluruh bagian tubuh akan meradang atau skeptic.

Kedua Tekanan Darah Menurun,  Usus pecah tidak hanya bisa memasukan bakteri kedalam darah saja tetapi bisa menyebabkan tekanan darah menurun secara otomatis. Hal ini memicu pada makanan dan adanya perubahan yang bisa merusak keseluruh bagian organ dalam manusia.

Ketiga, Menyebabkan Kematian, Hal ini paling ditakutkan oleh penderita usus buntu terutama penderita usus buntu yang masih anak anak. Ketika usus buntunya pecah kemungkinan rasa sakitnya akan mereda tetapi penyakit lainnya akan muncul dan bisa membahayakan kesehatan anda.

Waspada Usus Buntu Pecah Jika Tidak Diobati !

Operasi sering di anjurkan untuk orang yang menderita penyakit berat, termasuk usus buntu yang pecah. Meskipun pengangkatan usus buntu yang pecah terbilang tidak mempengaruhi kesehatan tetap saja akan memberikan dampak operasi setelah pengangkatan tersebut. Berikut ini efek samping setelah operasi yang harus anda waspadai

  1. Bau tak sedap pada sayatan
  2. Pembengkakan
  3. Gangguan Ginjal
  4. Demam
  5. Pendarahan
  6. Infeksi
  7. Sepsis
  8. Rasa nyeri pada perut
  9. Penyakit radang selaput otak
  10. Sembelit

Cara Mencegah Usus Buntu Pecah

Anda harus mengetahui cara mencegah usus buntu agar tidak pecah. Banyak orang sering mengentengkan penyakit ini dan cara mereka melakukan pencegahan tidak efektif dan tidak sesuai dengan aturan medis. Agar anda terhindar dari penyakit ini lebih baik anda menggunakan cara yang lebih efektif dan aman agar tidak menimbulkan efek samping apapun. Berikut ini cara mencegah penyakit usus buntu agar tidak pecah :

  1. Anda harus banyak mengkonsumsi air putih
  2. Menghindari makanan pedas, alkohol, Junk food, dan makanan yang asam
  3. Tidur teratur dan berkualitas setiap harinya
  4. Batasi minuman yang berkafein
  5. Makanlah makanan yang mengandung banyak serat
  6. Jangan sering menunda BAB
  7. Meningkatkan Daya imun tubuh

Penyakit usus buntu serong terjadi karena kurangnya asupan makanan yang sehat. Maka dari itu mulai dari sekarang anda harus menjaga pola makan anda dan jauhi makanan yang menyebabkan penyakit usus buntu agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan anda. Mulailah menerapkan gaya hidup sehat.

Ada beberapa penyakit yang memiliki gejala sama dengan usus buntu, yaitu keracunan makanan, iritasi usus parah, konstipasi, salurang dan kandung kemih yang terinfeksi. Jika anda mengalami gejala seperti di atas anda harus segera menghubungi dokter apalagi ketika anda merasakan kram perut yang berlebihan dan membuat anda tidak bisa berjalan. Takutnya kram perut tersebut bisa menyebabkan usus buntu anda pecah dan menyebabkan infeksi serius pada perut di bagian dalam jika di biarkan terus menerus takutnya akan membahayakan nyawa anda dan kondisi kesehatanpun terus menurun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *