BIAYA RONTGEN PARU-PARU  DI RUMAH SAKIT

Biaya rontgen paru paru

Apa rontgen paru-paru? Berapa biaya rontgen paru-paru? Kenapa paru-paru harus di rontgen? Pertanyaan itu semua akan dijawab di artikel ini berikut penjelasannya.

Rontgen paru-paru adalah tes yang menghasilkan foto atau gambar yang memperlihatkan paru paru anda. Orang yang melakukan rontgen ini pada umumnya merupakan orang yang didiagnosa oleh dokter menderita ciri-ciri paru paru tidak sehat. Bisa juga dilakukan oleh orang orang yang menderita kelainan-kelainan yang terjadi pada organ-organ di tubuh seperti jantung. Rontgen ini dilakukan untuk menemukan sumber permasalahan dan mengetahui letak permasalahan pada paru-paru. Sebelum mengetahui biaya untuk melakukan rontgen paru-paru lebih baik anda terlebih dahulu mengetahui prosedur yang harus dilakukan, diantaranya :

  1. Kenali gejala-gejalanya terlebih dahulu yang mengharuskan anda dirontgen.
  2. Mengetahui riwayat penyakit.
  3. Jika dalam kondisi hamil anda harus memberi tahu dokter terlebih dahulu agar bisa mencegah bayi didalam perut terpapar radiasi sinar-X.
  4. Lepaskan pakaian dan semua barang yang menempel ditubuh agar tidak mengganggu proses rontgen.

Berapa biaya rontgen paru-paru ?

Di tahun 2017 umumnya biaya rontgen paru paru tergantung seberapa banyak bagian tubuh yang akan di rontgen dan masing masing kelas perawatannya. Biaya rontgen paru-paru yang akan dikenakan pada pasien kelas menengah kebawah sekitara 65.000-90.000 rupiah. Untuk menengah keatas biayanya akan dikenakan biaya 100.000-300.000 rupiah.  Namun pada saat ini sudah banyak rumah sakit dan klinik yang sudah dilengkapi alat yang canggih untuk melakukan rontgen. Untuk itu lebih baik anda menghubungi pihak rumah sakit atau klinik terdekat dikota anda agar anda tahu dengan jelas biaya rontgennya. Untuk biaya rontgen paru-paru anak anak dan paru paru orang dewasa memiliki biaya berbeda.

Proses rontgen paru-paru tidak akan menyakiti tubuh anda, anda akan diminta melepas pakaian dan semua benda yang menempel di tubuh oleh dokter atau perawat. Setelah itu anda akan diminta berdiri menghadap depan ke arah plat rontgen untuk melakukan pengambilan gambar. Melakukan rontgen tidak hanya berdiri saja tapi bisa dengan berbaring juga. Anda tidak usah bingung dan khawatir karena akan ada perawat yang akan mengarahkan posisi anda ketika melakukan rontgen.

Jika anda tidak ingin di diagnosa sampai harus melakukan rontgen lebih baik mulai dari sekarang anda harus memperhatikan kesehatan paru paru dengan memakan makanan yang menyehatkan paru paru dan mengkonsumsi minuman sehat untuk paru paru juga. Dengan begitu anda bisa melalukan pencegahan terlebih dahulu dari serangan komplikasi bronkitis kronis dan gejala penyakit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *